Medan,  11/12 (Antarasumut)  - Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara menyalurkan lagi dana bantuan  sekaligus memberi pendidikan untuk meningkatkan motivasi jiwa kewirausahaan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM binaan.
       
"Pemberian pendidikan dan motivasi jiwa kewirausahaaan bertujuan agar pengusaha binaaan Jasa Raharja lebih cepat maju,"  ujar Kepala Jasa Raharja Cabang Sumut Ifriyantono di Medan, Senin.
       
Dia mengatakan itu usai memberi dana program kemitraan kepada  UMKM dan kegiatan pendidikan dan peningkatan motivasi kepada puluhan UMKM binaan Jasa Raharja Cabang Sumut yang digelar di Medan, 11 - 13 November.
        
Hingga Desember ini, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumut 
sudah menyalurkan  dana bantuan bergulir  Program Kemitraan kepada 60 pengusaha UMKM sebesar Rp1,6 miliar.
        
"Selain jumlah dana yang disalurkan diupayakan terus meningkat, Jasa Raharja juga berharap kualitas UMKM binaan juga semakin bagus," katanya.
       
Oleh karena itu, kata dia, UMKM binaan diberi motivasi dan diajar berbisnis dengan baik dan benar dengan cara mengajarkan antara lain pentingnya menjaga kualitas produk, kemasan dan pemasaran yang baik
       
Ifriyantono yang didampingi Kepala bagian Adminstrasi Jasa Raharja Cabang Sumut, Muliadi  dan Kabid Progran Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Denny Adianto, mengqtakan,  suku bunga yang rendah atau 3 persen per tahun akan sangat memudahkan pengusaha.
        
"Tim PKBL terus mendampingi dan membina UMKM sehingga syukur, tunggakan atau kredit bermasalah tergolong rendah atau di kisaran 4 persen," ujarnya.
       
Selain dana kemitraan untuk UMKM, Jasa Raharja juga menyalurkan dana Bina Lingkungan.
       
"Jasa Raharja sesuai juga dengan kewajibannya memberikan santunan kepada korban kecelakaan, berupaya membantu UMKM dan lingkungan," kata Ifriyantono.
       
Salah satu penerima dana kemitraan, Maria N, mengaku sangat tertolong dengan dana kemitraan Jasa Raharja.
      
"Selain bunga pinjaman sangat murah, tim yang membimbing juga memberikan pembinaan yang bagus," ujar Maria yang membuka usaha jahitan di Jalan Kapten Sumarsono, Medan.
      
Maria sebelumnya mendapat dana kemitraan sebesar Rp15 juta yang sudah dilunasi,  dan tahun 2017 kembali mendapat Rp35 juta.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017