Asahan, Sumut, 11/12, (Antarasumut) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan memberikan pelatihan atau penyegaran jurnalistik kepada 100 wartawan, Senin di Hotel Sabty Garden Kisaran.

Ketua PWI Asahan, Indra Sikoembang menyebutkan penyegaran jurnalistik dilakukan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada rekan-rekan wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya setiap harinya.

“ Moga dengan penyegaran jurnarnalistik ini kawan-kawan bisa lebih kecang menulis berita, seperti sepeda motor yang baru diservis,” kata Ketua PWI Asahan.

Ketua PWI Asahan berharap dengan kegiataan tersebut bisa menambah sumber daya wartawan dan memahami UU Pers dan kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan tentunnya diharapkan juga wartawan bisa menjadi wartawan yang profesional. “ Kalau berita sudah akurat tepat dan cepat, maka berita hoax bisa dihindari,” ucapnya.

Kegiatan jurnalistik PWI tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Asahan diwakili oleh Asisten II Pemkab Asahan, Jhon Hardi Nasution yang menyebutkan kegiatan ini momentum yang cukup baik sehingga diharapkan kegiatan yang diselenggarakn oleh PWI Asahan  bisa meningkatkan hubugan harmonis dam besinergi antara Pemerintah Kabupaten (pemkab ) Asahan dengan insan pers.

“ Kami hanya berharap rekan –rekan pers mampu memberikan atau menyajikan berita-berita yang edukatif kepada masyarakat khususnya masyarakat Asahan untuk meningkatakan  peran partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan di Asahan, “ ucapnya.

Jhon juga menyebutkan pihaknya siap dikritik dalam menjalankan roda pemerintahan dengan kritik yang sehat dan berimbang. Peran pers sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memberikan informasi yang akurat, oleh karena itu diharapkan pelatihan ini dapat diambil manfaatnya menuju pers yang propesional.

Sementara itu, Panitia kegiatan, Rasudin Sihotang menyebutkan pelatihan jurnalistik 2017 yang dikuti 100 orang bertujuan untuk memberikan penyegaran bagi insan pers yang mungkin dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya mengalami kejenuhan. 

Narasumber berasal dari PWI Sumut, Yakni Ketua PWI Sumut. Hermansjah dengan materi menjadi wartawan profesional, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Pwi Sumut, Rizal Rudi Surya materi tentang menulis berita agar mengerti dan Kadis Kominfo Asahan. Kegiatan dirangkai dengan penyerahan plakat kepada narasumber dan sertifikat secara simbolis kepada peserta pelatihan.

Pewarta: indra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017