Kotapinang, 5/12 (Antarasumut) - Harga rempah dan sayuran di Kabupaten Labuhanbatu Selatan merangkak naik hingga 30 persen. Bahkan, sejumlah pedagang pasar tradisional memprediksi kenaikan bisa melebihi dari harga pasaran.

"Iya bang, harga cabai merah tiga hari yang lalu berkisar Rp32 ribu/kg, sekarang sudah naik Rp46 ribu/kg atau merangkak 30 persen,” kata boru Manullang, pedagang pasar Inpres Kotapinang, Selasa.

Menurutnya, para pedagang tradisional tidak mengetahui penyebab lonjakan harga rempah-rempah tersebut, seperti harga cabai hijau dan rawit mencapai Rp40 ribu/kg, sebelumnya berkisar Rp30 ribu/kg, sehingga pedagang mengalami penurunan penghasilan hingga 25 persen.

Harga bawang merah dan putih Rp32 ribu/kg. Sedangkan harga sayuran tomat Rp32 ribu/kg, setelah sempat naik drastis Rp52 ribu dalam beberapa hari terakhir akibat cuaca musim penghujan, sehingga pasokan dari daerah luar Kab. Labusel terbatas.

Kenaikan harga rempah dikeluhkan ibu rumah tangga, pedagang warung makanan juga pedagang tradisional, mereka mensiasati dengan mengatur uang belanjaan dengan cara berhemat membeli cabai yang tidak segar lagi atau rusak.

Para pedagang berharap pemerintah menstabilkan harga ditingkat pengepul bahan rempah dan sembilan bahan pokok atau sembako untuk peningkatan ekonomi di daerah.

Sementara, Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Rantauprapat menyebutkan harga sembako dan sayuran menjelang hari besar di Labuhanbatu Raya terpantau normal.

Pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan harga sembako dan siap melakukan operasi pasar murah apabila ada harga bahan pokok yang tidak sesuai di pasaran.

“Kami siap melakukan operasi pasar murah berkoordinasi dengan TNI-Polri dan pihak Dinas Perdangangan,” kata Kepala Kansilog Perum Bulog Rantauprapat, Rifmat Pinayungan Hasibuan ketika dihubungi terpisah.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi kebutuhan pokok masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru 2018, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait stabilitasi harga sembako.

Untuk harga beras premium di pasar tradisional berkisar Rp10,5 ribu/kg, sedangkan beras medium Rp9 ribu/kg.

Minyak goreng kwalitas terbaik Rp14,5 ribu/kg, sedangkan minyak goreng curah Rp11,5 ribu/kg. Begitu juga harga gula pasir yakni Rp13 ribu/kg.

Harga daging sapi segar Rp90 ribu/kg, ayam boiler Rp25 ribu/kg, ayam kampung Rp60 ribu/kg. Sedangkan, telur ayam boiler Rp20,8 ribu/kg, telur ayam kampung Rp52,5 ribu/kg. Garam halus Rp6 ribu/kg, ikan asin teri peto Rp80 ribu/kg, ikan gembung Rp27 ribu/kg.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017