Binjai, Sumut, 28/11 (Antarasumut) - Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah, tertarik mempelajari aplikasi Binjai Smart City untuk itu kunjungan kerja dilakukan guna meningkatkan pengetahuan tentang pembangunan infrastruktur, tatacara pengaduan masyarakat dan penanganan pemeliharaan jalan.





Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Salatiga Agung Hendratmoko,di Binjai, Selasa.





Agung Hendratmoko mengatakan sebelumnya pada awal Nopember lalu telah berkunjung ke Binjai Command Center bersama dengan rombongan DPRD Salatiga. Dan kali ini datang lagi bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daqerah (OPD) beserta Camat karena merasa sangat tertarik dengan aplikasi Smart City dan Command Center Binjai.





Malah ia menjelaskan Wali kota nya sangat antusias sekali ingin datang ke Binjai, tapi pada saat-saat terakhir ada kegiatan yang tidak bisa ditinggal, katanya.





Wali kota Binjai Muhammad Idaham mengatakan dengan adanya aplikasi Binjai Smart City seperti e-Musrenbang, e-Perizinan, e-Dokter dan e-Masyarakat sangat membantu Pemko setempat untuk memberikan pelayanan publik sesuai harapan masyarakat.





Idaham memberikan contoh dengan aplikasi e-Masyarakat, warga yang memiliki Nomor Induk Keluarga (NIK) Binjai bisa menyampaikan pengaduan lewat smartphone dan bisa memantau status pengaduannya sudah direspon atau belum.





?Untuk login e-Masyarakat harus pakai NIK, jadi tidak ada berita hoax,? katanya.





Dalam paparan yang disampaikan Wali kota Binjai itu, terlihat OPD Pemko Salatiga nampak sangat terkesan melihat sistem kerja aplikasi dan Binjai Command Center. Antusias juga tergambar dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan saat tanya jawab dengan Sekda Mahfullah Pratama Daulay.





Agung Hendratmoko, menjelaskan mulanya dirinya hanya ingin bertanya yang berkaitan dengan pekerjaan umum, justru tertarik dengan Command Center. Bagaimana pengadaannya, bagaimana bisa terintegrasi dan diterapkan di Salatiga nantinya sekembali dari kota Binjai.***4***


Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017