Binjai, Sumut, 9/11 (Antarasumut) - Hari Kesehatan nasional ke-53 tingkat kota Binjai, Sumatera Utara, dimeriahkan dengan peemriksaan IVA tes gratis dan sunat masal terhadap puluhyan warga yang tidak mampu.

Pada kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Binjai Lisa Andriani Muhammad Idaham langsung meninjau pelaksanaan IVA tes dan sunat massal di puskesmas Bandar Senembah kecamatan Binjai Barat, Kamis.

Pelaksana dari kegiatan tersebut Dinas kesehatan setempat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53.

Lisa dihadapan peserta IVA tes mengatakan tak perlu takut atau khawatir karena proses pemeriksaan IVA tes sangat mudah dan praktis dengan peralatan yang sederhana. Pemeriksaan IVA tes bertujuan untuk mendeteksi kanker rahim (serviks) yang merupakan penyakit pembunuh wanita nomor satu di Indonesia.

"Karena itu perempuan untuk rajin memeriksakan kesehatan khususnya untuk mendeteksi kanker rahim sejak dini," katanya.

“Tak perlu takut ikut IVA tes dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin,“ sambungnya.

 Pada kesempatan yang sama Ketua TP PKK itu didampingi Kepala Dinas Kesehatan Mahaniari Manalu, Camat Binjai Barat Samuel Lumbantoruan mengunjungi kegiatan sunat massal. Kepada anak–anak yang disunat Lisa memberikan bingkisan berupa sarung. 

Lisa menyatakan bangga melihat anak anak yang tidak menangis ketika disunat. Ia juga berpesan supaya kelak menjadi anak yang pemberani dan berguna bagi nusa dan bangsa

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017