Simalungun, 19/10 (Antarasumut) - Pemkab Simalungun melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan pelaksanaan pemilihan pangulu nagori (Pilpanag) serentak tahun 2017 yang dipusatkan di lapangan bolakaki Desa Panei Tonga, Kecamatan Panei, Kamis.
     Apel gelar pasukan dipimpin Wakil Bupati Simalungun, H Amran Sinaga, komandan apel Kapten Arh Pandapotan Siagian (Danramil 16 Panei Tongah) dengan peserta terdiri barisan TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas.
     Pilpanag serentak di Kabupaten Simalungun akan berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2017 di 76 Nagori yang berada di 28 kecamatan yang diikuti 246 calon pangulu (kepala desa).
     Sementara aparat pengamanan yang diturubnkan nantinya TNI kesatuan Kodim 0207 Simalungun sebanyak 200 personel, Polres Simalungun 300 personie, Satpol PP 80 personel dan Linmas l152 personel.
     Bupati Simalungun dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Bupati berpesan kepada pengamanan Pilpanag agar mempersiapkan mental fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.
     Mereka dituntut melakukan deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat, sehingga setiap pemasalahan dapat segera diantisipasi supaya tidak menimbulkan dampak yang lebih luas.
     Disamping itu, kepada petugas juga diharapkan untuk memperkuat kerja sama yang harmonis antar kesatuan, dengan seluruh penyelenggara dan seluruh masyarakat guna mewujudkan pemilihan pangulu nagori yang aman, damai dan berjalan lancar.
     Petugas pengamanan pemilihan pangulu nagori diharapkan dapat menjaga komitmen dan netral serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilihan pangulu nagori.
     "Mari kita jadikan acara gelar pasukan ini untuk memantapkan tekad dan komitmen serta semangat baru dalam rangka mengawal, mengamankan dan mensukseskan pemilihan pangulu nagori serentak Kabupaten Simalungun tahun 2017," kata H Amran.
     Dalam apel gelar pasukan itu, Wakil Bupati Simalungun menyematkan pita putih biru kepada personel pengamanan Pilpanag secara simbolik kepada empat orang perwakilan (ari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas.
     Kegiatan dirangkai dengan melepas logistik Pilpanag ke nagori-nagori yang akan melaksanakan pemilihan. 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017