Medan, 19/10 (Antara) - Bupati Karo Terkelin Brahmana menyiapkan sejumlah rencana aksi setelah ditetapkan dan dilantik menjadi Pembina Satuan Tugas Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Usai pelantikan sebagai Pembina Satuan Tugas Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (Satgas P4GN) di Lapangan Merdeka Medan, Kami, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, sebagai langkah awal, pihaknya akan menyiapkan lahan untuk pembangunan kantor Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pemkab Karo akan menyiapkan lahan yang cukup luas sehingga juga dapat menjadi lokasi pembangunan ruang tahanan bagi tersangka kasus peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

Setelah menyiapkan lahan tersebut, Pemkab Karo akan mengalokasikan anggaran dalam APBD tahun 2018 untuk pembangunan kantor BNN.

Dalam APBD 2018 tersebut, pihaknya juga mengagendakan sosialisasi dan penyuluhan ke berbagai instansi, terutama kalangan pelajar mengenai bahaya dari narkoba.

Bupati berharap, rencana yang disiapkan tersebut dapat membangkitkan motivasi aparat penegak hukum dalam memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Karo.

Menurut Bupati, keseriusannya dalam menyiapkan rencana aksi itu bukan hanya karena diangkat dan dilantik sebagai Pembina Satgas P4GN.

Kebijakan itu lebih didasari keinginan kuatnya sebagai putera Karto untuk memberantas berbagai bentuk peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Karo.

Selama ini, ada istilah "Di Karo, narkoba dimana-mana". "Secara perlahan kita ingin mengikis adagium itu," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi melantik enam kepala daerah sebagai Pembina Satgas P4GN untuk memaksimalkan program pemberantasan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di daerah masing-masing.

Keenam kepala daerah itu adalah Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wali Kota Binjai Muhammad Idaham, Wali Kota Tanjungbali Muhammad Syahrial, Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu.

Pelantikan tersebut disaksikan langsung Kepala BNN RI Komjen Pol Budi Waseso, serta pejabat TNI dan Polri di Sumatera Utara. ***2***





(T.I023/B/N005/N005) 19-10-2017 13:09:02

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017