Padangsidimpuan, 4/10 (Antarasumut)- Dalam rangka mendukung program nasional untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, Pemkot Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian setempat mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemar Ikan) dengan tema "Melalui lomba masak ikan, kita dukung gerakan masyarakat makan ikan untuk kesehatan dan kecerdasan masyarakat Kota Padangsidimpuan, di halaman Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan, Rabu.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkot Padangsidimpuan menggelar lomba masak serba ikan dan gemar ikan tingkat kota yang diikuti perwakilan dari 6 kecamatan se Kota Padangsidimpuan, ucap Kepala Dinas Pemkot Padangsidimpuan, Ir Parimpunan Siregar.

Ia menambahkan, “Salah satu implementasi Gemarikan adalah melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat Kabupaten/kota hingga Nasional, nantinya”.

Kemudian, kegiatan ini diharapkan dapat berperan aktif dalam menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Sementara itu, Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II, Dr Alipada Harahap, mengatakan, Pemkot mendukung adanya kampanye gemarikan. Andar juga menekankan suatu komoditas perikanan harus mampu diolah sehingga dapat memberikan nilai tambah terhadap produk akhirnya. Nilai tambah yang diperoleh dari pengembangan produk olahan hasil perikanan ini akan jauh lebih tinggi dari hasil perikanan utuh.

“Kedepannya pendekatan pembangunan perikanan diarahkan pada pengembangan produk dan tidak lagi difokuskan saja pada pengembangan dan peningkatn produksinya saja. Pengembangan produk nilai tambah seperti inilah yang menjadi salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan lomba masak serba ikan”, ucap Walikota.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017