Rantauprapat, 26/9 (Antarasumut) - Bupati Kabupaten Labuhanbatu Pangonal Harahap meminta koperasi dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Hal itu diungkapkan kata oleh bupati dalam peringatan hari Koperasi Ke-70  di Kabupaten Labuhanbatu di Ballroom Hotel Suzuya Rantauprapat, Senin, seraya menambahkan kesejahteraan bagi anggotanya, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan, sehingga tingkat kesenjangan ekonomi mulai dapat dikurangi.

Pangonal menjelaskan, di usia Koperasi yang ke-70 tahun ini, banyak Koperasi yang telah maju dan dapat memebrikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitar. Untuk itu saya minta Koperasi di Kabupaten Labuhanbatu lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Pemkab Labuhanbatu terus membangun Koperasi melalui berbagai kebijakan dan program dalam bidang diantaranya, peningkatan kualitas kelembagaan, sumber daya manusia, peningkatan akses pembiayaan melalui bantuan yang dapat diberikan pemerintah daerah maupun provinsi.

Pangonal mengemukakan, banyak Koperasi yang belum berhasil serta memiliki permasalahan intern diantaranya, kesulitan permodalan, persoalan organisasi lainnya. "Masih banyak pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi Koperasi," katanya.

Ketua Dekopin Kab. Labuhanbatu Muhammad Noor Ritonga dalam sambutannya menyampaikan, untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia, maka tingkatkanlah fungsi koperasi.

Menurutnya, koperasi merupakan soko guru ekonomi kerakyatan di Nusantara. "Untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia, maka tingkatkanlah koperasi," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017