Medan, 18/9 (Antarasumut)- Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara mengapresiasi Asian Agri yang sudah membina dan menjadikan petani sawit menjadi lebih sejahtera.

Kepala Desa Perlabian Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Irwansyah Lubis di Labuhanbatu Selatan, Senin, mengatakan,  kerja sama pemerintah desa, masyarakat beserta Asian Agri yang telah terwujud pada tahun 2016 melalui berbagai kegiatan memebri banyak manfaat.

Kehadiran Asian Agri di Desa Perlabian membuat petani kepala sawit yang masih tradisional seperti menggunakan bibit sembarangan menjadi sadar bahwa pentingnya  pengelolaan secara lebih baik.

"Sejak bekerja sama dengan Asian Agri, produktivitas TBS sawit petani meningkat drastis," ujarnya.

Petani semakin semangat karena Asian Agri juga mengajak kerja sama menjadi petani swadaya dengan  membentuk KoperasiPetani Swadaya di Desa Perlabian. 

Dia menuturkan, sejak program petani swadaya, hasil produksi TBS sawit milik masyarakat bisa mencapai 300 ton dari sebelumnya hanya hanya 60 ton.

"Yang menyenangkan lagi, ternyata Asian  Agri bukan hanya membantu di sektor sawit, tetapi juga memfasilitasi pelatihan alternatif pemberdayaan masyarakat, seperti pembuatan pakan ikan,"katanya.

Dengan langkah itu, maka pendapatan masyarakat bisa semakin meningkat.

"Kelompok tani sendiri  berharap dengan banyaknya pendapatan, peremajaan tanaman yang sudah mendesak bisa dilakukan segera mungkin,"katanya.

Koordinator Petani Swadaya  PT Indo Sepadan Jaya unit bisnis Asian Agri, Hendra Jaminsyah mengakui sudah terjalin sinergitas yang baik antara pemerintah, masyarakat Desa Perlabian dan Asian  Agri. 

"Kerja sama telah terbentuk sejak Oktober 2016. Bahkan di Desa Perlabian sudah terbentuk Petani Swadaya yang dinamakan Koperasi Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera," ujarnya.

Dia menejelaskan,ada 14 kelompok dengan 431 kepala keluarga yang tergabung dalam kelompok Petani Swadaya Koperasi Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera itu.

"Soal permintaan dukungan replanting sawit petani Desa Perlabian, Asian Agri membuka diri. Saat ini sudah ada sekitar 162 hektare kebun sawit yang diajukan masyarakat untuk direplanting oleh Asian Agri," ujarnya.

Ketua Koperasi Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera, Akmad Rizaldi menegaskan, kerja sama dengan Asian Agri sudah terbukti meningkatkan perekonomian bahkan pengetahuan masyarakat dalam menjalankan bisnis sawit dan sektor ekonomi lainnya.

"Selama ini, petani tidak mengetahui bagaimana pola menanam kelapa sawit yang benar. Alhamdulillah, Asian Agri memfasilitasinya melalui pelatihan-pelatihan kepada petani," ujarnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017