Sipirok,16/9(Antarasumut)-Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI menyelenggarakan Penghargaan Paritrama sebuah Penghargaan tertinggi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kabupaten Tapanuli Selatan salah satunya daerah di Sumatera Utara masuk sebagai nominator. Terungkap, saat setelah Tim Penilai dari Provinsi Sumut turun ke Kantor Bupati Tapanuli Selatan, di Dano Situmba, Jumat (15/9/2017).

Tim penilai indevendent yang turun dan diterima langsung Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu itu dari unsur Apindo, Serikat Pekerja, Pemprovsu, dan BPS.

BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumatera Bagian Utara dipimpin Sunardi selain mendampingi Tim sekaligus menyerahkan klaim Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris (alm) Sukiman sebesar Rp.25.440.360,-.

Almarhum Sukiman adalah Purnawirawan TNI, setelah pensiun hingga akhir
hayatnya diangkat tenaga honorer di Pemkab Tapanuli Selatan.

Almarhum
sosok dikenal gigih dan sangat aktif sebagai pelatih anggota Paskibra
setiap tahun dan bahkan cukup giat membina kepramukaan di daerah itu.

Terkait Penghargaan, Suardi menyebut penilaian final nantinya di pusat, dan dijadwalkan pada Tanggal 05 Desember 2017 Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara akan menyerahkan Penghargaan Paritrama itu kepada yang terpilih.

Disebutkannya ada beberapa indikator penilian untuk agar bisa masuk nominasi BPJS Ketenagakerjaan Award 2017 itu.

Antara lainnya sebut dia, pemerintah daerah itu dianggap mampu memberikan jaminan kenyamanan bagi Pegawai Negeri Sipil  (PNS) dan pegawai swasta.

Lantas, oleh pihak BPJS menilai Tapanuli Selatan layak masuk dalam kategori penilaian, makanya Tapanuli Selatan salah satu daerah yang masuk nominasi.

Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu menyambut baik apa yang disampaikan pihak BPJS Naker Kanwil sumut itu.

"Kita harapkan penilaian itu sejujur-jujurnya dan fair tanpa adanya intervensi dari pihak manapun dan betul- betul transfaran,"pintanya.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sebut Syahrul cukup konsisten dan berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi seluruh aparaturnya.

"Selain itu kita juga sangat serius mengimbau agar seluruh perusahaan swasta di bumi 'dalihan natolu' Tapanuli Selatan untuk agar dapat memberikan perlindungan BPJS bagi karyawannya,"tambah Syahrul.

Turut hadir menyambut kehadiran Tim Penilai sekaligus menyaksikan penyerahan klaim JKM dari BPJS kepada Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu untuk diteruskan kepada ahli waris (alm) Sukiman, Sekda Tapanuli Selatan, Parulian Nasution, Kabag Humas dan Protokol,  Isnut Siregar.

 

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017