Parapat, (antarasumut)–Bersama Masyara kat Sipolha Horison Kabupaten Simalungun, PT. Tirta Sibayakindo dan Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) lakukan kick off penanaman kopi di daerah tangkapan air Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia.    

Program ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama multipihak antara Direktorat Jendral  BPDAS-PL, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan beberapa BUMN dan BUMS yang beroperasi di Sumatera Utara.  

Sebagai dukungan program tersebut, PT. Tirta Sibayakindo dan LPPM-IPB telah menempatkan tenaga professional lapangan untuk melakukan pendampingan dan pendekatan masyarakat untuk menentukan bentuk strategi, lokasi dan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokal.  

Penerapan strategi Klinik Pertanian dan penanaman kopi yang sesuai dengan konsep konservasi ditawarkan sebagai pilihan strategi dan objektif dari program ini.   

Dalam sambutannya Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDASHL) Wampu Sei Ular, Bapak Ir. Heru Winarto M.Si, mengatakan bahwa program ini sejalan dengan program konservasi yang bertujuan untuk dalam merehabilitasi lahan pada daerah tangkapan air Danau Toba, dalam rangka mengembangkan Danau Toba menjadi daerah tujuan wisata nasional yang lebih baik dan representative. 

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Pematang Sidamanik Ibu Damanik bahwa perlu dijalin kerjasama multi pihak agar program ini dapat berjalan dengan baik. Beliau juga mengharapkan agar program ini terus berlanjut dan berdampak terhadap peningkatan pendapatan bagi masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya Kepala Pabrik PT. Tirta Sibayakindo, Bapak Muhmad Effendi, yang disampaikan oleh Bapak Esron Siringoringo selaku Stakeholder Manager mengatakan bahwa AQUA Grup sebagai perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berkomitmen untuk mendukung upaya perlindungan dan pelestarian daerah aliran sungai, terutama pada daerah tangkapan air khususnya di wilayah kerja pabrik AQUA berada. 

Diharapakan juga program ini mendapat dukungan dari multi pihak yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar Kecamatan Pematang Sidamanik.

Pewarta: Ril

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017