Panyabungan, 29/8 (Antarasumut) -  Dalam memperingati hari Bulan Bakti Gotong Royong (BBGR) ke XIV Tahun 2017 di kabupaten Mandailing Natal dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) berikan bantuan bantuan material bangunan dan alat gotong royong kepada warga Desa Sipapaga Kecamatan Panyabungan, Selasa.

Peringatan hari BBGR ke- XIV yang dilaksanakan di lapangan sepak bola desa Sipapaga tersebut turut  dihadiri Wakil Bupati,  HM Jakfar Sukhairi Nasution, ketua Dprd,  Hj. Lely Hartati, ketua Tp.Pkk, Ny Ika Desika Dahlan Hasan, Asisten III, Sahnan Batubara, MM, kadis Pmd,  Gozali Pulungan, MM para kepala Skpd para camat dan warga masyarakat desa tersebut.

Wakil Bupati Mandailing Natal, HM Jakfar Sukhairi Nasution dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya pencanangan bulan bhakti gotong royong tingkat kabupaten pada  desa tersebut diharapkan dapat menumbuh kembangkan kembali kebiasaan masyarakat kabupaten Mandailing Natal  yakni budaya gotong royong yang sudah lama memudar  tergerus oleh perkembangan zaman.

“Dengan adanya hari bulan bakti mari kita kembangkan kembali kebiasaan masyarakat Mandailing Natal yakni budaya gotong royong,” katanya.

Ia mengatakan, budaya gotong royong seperti “Marsialap Ari” yang selama ini melekat pada tradisi orang Mandailing itu,  saat ini sudah lama memudar dan tergerus zaman. Dengan semangat  gotong royong ini nantinya selain dapat kembali meningkatkan persatuan dan kesatuan didaerah tersebut juga pencapaian pembangunan disegala aspek kehidupan guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat  demi menuju masyarakat Madina yang Madani akan mudah tercapai.

“Kepada para camat dan para kepala ddsa  juga saya harapkan untuk menggerakkan seluruh masyarakat desa untuk melaksanakan gotong royong satu bulan penuh yang nantinya pelaksanaannya secara serentak di kabupaten Mandailing Natal,” harap Wakil.

Sementara itu, kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Madina,  Gozali Pulungan, MM menyebutkan, pelaksanaan kegiatan ini selain merupakan sebagai tindak lanjut dari program Gubernur Sumatera pada kegiatan bulan bhakti gotong royong tingkat provinsi Sumatera Utara juga merupakan tindaklanjut surat keputusan Bupati Madina nomor : 414.4/512/K/2017 tanggal 3 Juli 2017 tentang Lokasi Pencanangan dan Pelaksanaan Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke XIV Kabupaten Madina tahun 2017.

“Selain acara  acara bulan bakti gotong royong, tujuannya juga adalah untuk memperkuat sistem dan nilai budaya bangsa dengan memperkuat interaksi sosial masyarakat desa atau kelurahan, serta untuk memotivasi masyarakat untuk melestarikan nilai -nilai gotong royong masyarakat melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa dan memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia" kata Kadis.


Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017