Sibolga, 17/8 (Antarasumut)-Walaupun keberadaan fisik mereka kurang sempurna layaknya seperti anak yang lain, namun semangat anak disablitas dari Yayasan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Hephata Kota Sibolga tidak surut merayakan HUT RI ke 72. 

Ditengah berlangsungnya upacara bendera di Lapangan Simaremare Sibolga, Kamis pagi, anak-anak disablitas turut ambil bagian sebagai peserta upacara. Hanya saja mereka tidak ikut dalam barisan, melainkan di tratak yang sudah disediakan panitia.

Kecintaan mereka akan tanah air Indonesia mereka gambarkan lewat pakian dan asecoris merah putih. Dengan didampingi para pembina dan gurunya, anak-anak disabilitas ini tertib dan mengikuti acara demi acara.

Usai upacara bendera berlangsung, anak-anak difabel inipun mengikuti berbagai perlombaan yang dikhususkan diantar mereka. Mulai dari lomba mewarnai, lomba bernyanyi, makan kerupuk, lomba berjalan cepat menggunakan tongkat dan kegiatan lainnya.

Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk didampingi Wakilnya, Edi Polo Sitanggang, bersama Sekda, Sugeng, menyambangi tratak tempat mereka bertanding. Dihadapan Walikota dan Wakil, anak-anak ini unjuk kebolehan dan kelebihannya. Merekapun mengajak Walikota menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Tanpa ada jarak, Walikota bersama Wakilnya menyanyikan lagu-lagu kebangsaan yang diiringi pemain gitar dari anak disabilitas sembari bertepuk tangan. 

Dipenghujung lagu merekapun meneriakkan merdeka yang dibalas Walikota dengan salam merdeka.

Kepada Walikota dan Wakilnya, anak-anak ini saling berlomba menunjukkan hasil lukisan dan hasil lomba mewarnainya. Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk tambak terharu dan bangga atas kelebihan mereka. 

Dengan spontan Walikota meminjam kamera wartawan ANTARA yang ikut meliput kegiatan itu dan langsung mengabadikan penampilan anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus itu.

Suami dari Delmeria Sikumbang itupun berpesan, agar mereka terus mengembangkan bakat dan kelebihan yang dimiliki. Walikota pun menyalami anak-anak itu sembari mengelus-elus kepalanya.

Sebagai wujud kepedulian Pemko Sibolga terhadap kaum disabilitas, Pemko melalui Dinas Sosial selalu memberikan bantuan ke RBM Hephata Sibolga.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017