Parapat, 17/8 (Antarasumut) - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Pantai Bebas Parapat, Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis, berlangsung khidmat, lancar dan meriah.
     Upacara dipimpin Bupati Simalungun, JR Saragih dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan dan Angggota DPRD, pejabat dan PNS Pemkab setempat, Polri, TNI, ulama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat.
     Barisan Paskibraka beranggotakan 47 pelajar SMA/SMK se kabupaten Simalungun mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.
    Upacara dirangjai dengan penyerahan bingkisan kepada veteran pejuang, pensiunsn dan janda PNS, anak yatim, serta difabel sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemkab setempat.
     Peserta upacara dan masyarakat dihibur dengan atraksi paralayang, drum band, fragmen sejarah perjuangan Bung Karno, perlombaan olahraga tradisional, dan hiburan musik.
     Bupati Simalungun mengimbau elemen masyarakay untuk tetap menjaga keutuhan NKRI meskipun berbeda suku, agama dan golongan.
     Masyarakat dan pelaku seni budaya diajak untuk mengenalkan budaya leluhur kepada generasi muda dalam upaya melestarikan khasanah bangsa Indonesia itu.
     Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas perhatian Pemerintah Pusat terhadap perkembangan pariwisata kawasan Danau Toba, termasuk di Kota Parapat.
     "Perhatian demikian itu hendaknya bisa menggugah masyarakat untuk memberikan kemampuan terbaik membenahi Parapat dan objek wisata sekitar Danau Toba," ujar JR Saragih. 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017