Paluta,16/8(Antarasumut)-Manggala Agni Daerah Operasi Labuhan Batu mengajak masyarakat khususnya di Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara untuk konsisten menjaga serta melestarikan hutan dan lahan dari kebakaran.

Hal itu demukakan di acara sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, di Kecamatan Batang Onang, Selasa (14/8) diikuti sebanyak 32 Kepala Desa se-Batang Onang.

Kepala Manggala Agni Daops Labuhan Batu Risky Ismana Nasution, Rabu, mengatakan sosialisasi yang mereka gelar didasari semangat bersama bersama pihak Camat, Koramil 07/Sosopan dan Polsek Sosopan.

Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan merupakan salah satu upaya dalam pelestarian alam yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kegiatan pencegahan merupakan fase terpenting dalam upaya pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,"sebut Risky.

Seperti kata pepatah "mencegah lebih baik dari pada mengobati." Demikian juga halnya kebakaran, "mencegah lebih baik dari pada memadamkan," tegasnya.

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera, Denni Martin selaku penanggung jawab kegiatan Dalkarhutla di Sumatera hadir diacara itu, sebut Risky.

Manggala Agni berharap ada wawasan serta kesadartahuan yang didapat seluruh peserta untuk disebarluaskan ke masyarakat dan daerahnya-nya masing-masing demi pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

"Kebakaran hutan dan lahan sedikit banyak menjadi faktor penyebab pemanasan global (global warming) pemicu terjadinya cuaca ekstrim,"kata Risky.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017