Medan, 2/8 (Antarasumut) – Sejak diresmikan pada tanggal 10 Desember 2016, Kota Medan menjadi kota pertama yang memiliki museum perkebunan di Indonesia. Museum tersebut terletak di jalan Brigjen Katamso, Medan.

Dibangunnya museum perkebunan pertama itu di Medan, berdasarkan keterangan oleh Budi (42), pemandu museum perkebunan, dikarenakan banyaknya lahan perkebunan yang terdapat di Sumatera Utara.

“Orang mengenal Sumut cuma banyak sawitnya saja. Padahal dulu sekali kota ini sangat terkenal dengan Tembakau Deli nya juga kopi dan karet.”

Budi juga mengatakan, selain untuk menambah pengetahuan pengunjung seputar perkebunan, di museum tersebut pengunjung juga akan mengetahui sejarah panjang perkebunan Indonesia dari zaman kolonial hingga kini.

“Perkebunan Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan dulu. Dengan datang ke museum ini, masyarakat juga harus tahu sejarah mengapa negara kita disebut negara agraris hingga kini.”

Selain memamerkan hasil - hasil perkebunan dan latar berlakang sejarahnya, pengunjung juga dapat melihat berbagai alat perkebunan kuno yang dipergunakan para pekerja di zaman dulu.

Hal menarik lain yang terdapat di dalam museum adalah ruang “3D Magic Trick” untuk pengunjung yang mau mendokumentasikan pengalaman mereka dengan efek 3 dimensi namun tidak melupakan tema perkebunan.

Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mengunjungi museum perkebunan. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp.8.000 per orang dan Rp.5.000 jika datang bersama rombongan serta Rp.25.000 untuk wisatawan mancangera.

Pewarta: Muna Fadhiah

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017