Oleh Waristo
     Samosir, 28/7 (Antarasumut) - Warga Kabupaten Samosir diajak untuk mensukseskan program Pemerintah Pusat berupa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
     Ajakan itu melalui pencanangan Germas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang ditandai pemukulan gong oleh Plt Sekretaris Daerah, Jabiat Sagala, di Pangururan, Jumat.
     Pencanangan Germas diawali dengan senam pagi bersama yang diikuti seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir dan pelajar SD, SMP, SMA/SMK.
     Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis berupa tekanan darah, kolesterol, asam urat, kadar gula darah serta papsmear.
     Bupati Samosir dalam sambutan tertulis mengatakan, tantangan kesehatan Indonesia saat ini memiliki masalah beban ganda seperti infeksi masih tinggi, penyakit tidak menular meningkat dan munculnya kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.
     Untuk mengatasi itu diperlukan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup melalui Germas.
     Bupati mengatakan, Germas merupakan kegiatan melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.
     Bupati berharap dengan dicanangkannya Germas menjadi langkah awal bagi warga Samosir untuk dapat bekerja sama dan membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat itu harus diawali dari diri sendiri.
    

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017