Medan, 27/7 (Antara) - Sebanyak 393 calon haji asal ibu kota Sumatera Utara yang termasuk kelompok terbang 1 menginap di Asrama Haji Medan, Kamis, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Kualanamu, Jumat (28/7) pagi.

Kabid Pemberangkatan dan Pemulangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan Bahrum Saleh mengatakan, di Asrama Haji, jamaah calon haji menerima gelang untuk penanda selama di Tanah Suci bahwa yang bersangkutan berasal dari Indonesia.

Di asrama, jamaah menjalani pemeriksaan kesehatan di poliklinik supaya dalam keadan bugar sebelum diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Kualanamu.

"Setelah itu semua, baru mereka diantar ke kamar masing-masing," katanya didampingi Kapolsek Delitua Kompol Wira Prayatna.

Kloter 1 Embarkasi Medan tersebut akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Kualanamu pada Jumat (28/7) pagi didampingi sejumlah petugas haji.

 "Rencananya, besok sudah `boarding` pada pukul 04.30 WIB. Mereka akan dilepas Gubernur (Sumut Erry Nuradi)," katanya.

Selama berada di Asrama Haji Medan, seluruh jamaah calon haji dan barang bawaannya akan mendapatkan pengamanan dari personel kepolisian.

Kapolsek Delitua Kompol Wira Prayatna yang memimpin pengamanan itu mengatakan, pihaknya menyiapkan 30 personel gabungan dari Polda Sumut dan Polrestabes Medan di Asrama Haji Medan, mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan.

Para personel keamanan ditempatkan di sejumlah lokasi stategis, hingga dapur asrama. 

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017