Asahan, Sumut, 24/7, (Antarasumut) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir Tengku Erry Nuradi membuka secara resmi pagelaran seni budaya daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke 3 tahun 2017, Senin dilapngan Simpang Sidodadi Kisaran, Asahan.

Gubsu dalam sambutnya berharap PSBD Kabupaten Asahan dapat dijadikan ruang untuk bersilaturahmi dan ruang mengembangkan serta meningkatkan seni daerah.

“ Saya berharap PSBD dijandikan ajang silaturahmi dan seni dan saya juga minta kegiatan ini diagendakan secara tetap setiap tahun,” demikian kata Gubsu saat membuka pengelaran seni tersebut.

Selain itu, Gubsu juga meminta PSBD dijadikan sebagai kegiatan yang positif bagi generasi muda untuk mencintai budaya seni daerah kearifan lokal muapun internasional. PSBD tersebut merupakan media dan forum bersekala regional untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

“ Kegiatan yang baik ini harus ditetapkan menjadi agenda rutin, agar masyarakat luas bisa menunggu dan menyaksikan kegiatan tersebut. Bisa jadi dengan terjadwalnya kegiatan, turis mancanegara bisa hadir berkunjung,sehingga 1 juta wisatawan di Sumut bisa tercapai,” ungkap Gubsu.

Gubsu mencontohkan bahwa di Sumut sudah ada kegiatan yang telah terjadwal, yakni Pekan raya Sumatera Utara dan Ramadhan Fair. Ditambah lagi dengan 7 jadwal di Danau Toba. 

Sementara itu, Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP menjelasakan PSBD tersebut bekerjasama dengan forkala serta 14 etnis. “ Kita harapkan kegiatan kedepan bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Dengan PSBD, Taufan mengajak seluruh lapisan masyarakat menyaksiakan serta melestarikan budaya daerah khususnya budaya kearifan lokal. “ Ambil positifnya kegiatan ini untuk menyikapi zaman yang akan datang,” cetus Taufan.

Kegiatan dirangkai dengan kunjungan Gubsu dan Bupati serta Forkopinda Asahan dan undangan ke rumah etnis dalam kegiatan PSBD tersebut. Ada 14 Etnis yang meramaikan kegiatan yakni, etnis Minang, Tapsel, Batak Toba, Nias, Sunda, Karo, india serumpun, Aceh, Tionghoa, Banjar, Jawa, Melayu, Pakpak, dan Simalunggun.

Sebelumnya kegiatan dihiasi dengan parade 14 mobil hias etnis meriahkan pembukaan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan ke 3 tahunn 2017. Mobil hias masing-masing etnis menampilkan rumah adat dan pakai adat mengelilingi kota Kisaran. 

Pewarta: indra

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017