Simalungun, 14/6 (Antarasumut) - Pelaksanaan buka puasa bersama yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Simalungun bersama masyarakat pada Ramadhan 1438 H/2017 M, Rabu, memecahkan rekor MURI. 
     Puncak pelaksanaan buka puasa bersama untuk kali ke tujuh di bulan Ramadhan itu yang dipusatkan di halaman Masjid Asy Syuhada komplek Korem 022 Pantai Timur, dihadiri 18.000 orang.
      Rekor Muri ini berhasil memecahkan rekor di tahun 2015 di DKI Jakarta yang dihadiri 15.000 orang.
     "Keberhasilan ini harus dicatatkan di penghargaan MURI," kata Manajer MURI Indonesia, Andre Purwandono di acara buka bersama itu.
     Andres mengatakan, MURI Indonesia selalu mencatat segala bentuk kegiatan yang super aktif  yakni terbanyak, terbesar dan terkecil sehingga ini menjadi kegiatan yang bisa dicatat oleh MURI Indonesia. 
     Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga sambutannya mengatakan, kegiatan buka puasa yang dilaksanakan tersebut merupakan puncak dari kegiatan di bulan Ramadhan antara pemerintah dan masyarakat. 
    Pada momen buka puasa itu, Pemkab menyediakan 10 ekor lembu, 30 kambing, seratus goni beras berat 10 Kg, dan seratus parsel Lebaran yang dibagikan kepada masyarakat melalui kupon undian.
     Bupati Simalungun, JR Saragih menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, terutama para nazir masjid yang telah hadir dalam kegaiatan buka puasa. 
      "Semoga pelaksanaan buka puasa bersama ini menjadi pengikat silahturrahmi untuk bersama-sama membangunan Kabupaten Simalungun yang lebih baik," kata JR.
     Ustadzah Tan Mei Hwa dari Surabaya menilai, buka puasa bersama Pemerintahan Kabupaten Simalungun dengan masyarakat menjadi gebrakan kepala daerah yang mampu merangkul umat Muslim secara keseluruhan. 
     "Ini jarang kita lihat terlebih di jaman sekarang, di mana kerukunan beragama sangat terlihat di Simalungun apalagi kita ketahui ," kata Tan Mei Hwa.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017