Medan, 14/6 (Antara) - Tiket kereta api kelas ekonomi ke berbagai rute di Sumatera Utara untuk H-1 Idul Fitri sudah terjual habis.

"Hanya untuk kelas bisnis dan eksekutif yang masih terjual sekitar 70 persen di H-1 Idul Fitri," ujar Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre 1 Sumut, Aslikan di Medan, Rabu.

Menurut dia, tahun ini permintaan tiket diperkirakan hanya naik sekitar satu persen.

"Sumut memang tidak seperti di Jawa yang permintaan tiket kereta api sangat tinggi bahkan sudah habis sejak jauh hari,"katanya yang didampingi Manager Humas KAI Divre 1 Sumut, Ilud Siregar.

Untuk Lebaran tahun ini, manajemen KAI menyediakan 14 perjalanan kereta api reguler .

Kereta api yang disediakan itu terdiri dari kereta jarak jauh dan sedang (Sri Bilah dan Putri Deli) dengan jumlah kursi sebanyak 7.120 per hari.

Kemudian 26 perjalanan komuter lokal (Sireks dan Srilelawangsa) dengan 9.276 kursi.

"Jadi total kursi yang disediakan 16.396 per hari," kata Aslikan.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamana penumpang kereta api, manajemem sudah menyiapkan petugas dari perusahaan dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI.

Penjagaan misalnya dilakukan di lintasan kereta api pada waktu-waktu rawan.

Untuk petugas pemeriksa jalur ada pegawai yang ditempatkan sejumlah 126 orang dan petugas jaga 137 orang serta tenaga ekstra daerah dan jembatan rawan 28 orang.

"KAI siap melayani penumpang dengan sebaik-baiknya meski nantinya permintaan lebih tinggi dari jumlah kursi yang tersedia," katanya.

Pewarta:

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017