Medan, 13/6 (Antarasumut) - PT Pertamina menyiapkan 16 kantong BBM untuk memudahkan masyarakat dalam mengisi bahan bakar minyak selama mudik lebaran 1438 Hijriyah di Sumatera Bagian Utara.

General Manager Pertamina Sumatera Bagian Utara Erry Widiastono di Medan, Senin mengatakan, delapan kantong disiapkan di Sumatera Utara untuk mengantisipasi tingginya arus transportasi selama Lebaran di daerah itu.

Kantong BBM itu berada di Kabupaten Langkat, Kabupaten Serdang Bedagai (dua lokasi), Kabupaten Karo (dua lokasi), Kabupaten Simalungun, Kota Padang Sidempuan, dan di Kabupaten Dairi.

Sedangkan delapan kantong BBM lainnya yang disiapkan Pertamina berada di Provinsi Aceh (dua lokasi), Riau, dan Sumatera Barat (lima lokasi).

Kantong BBM yang disiapkan tersebut berupa mobil tangki dengan muatan BBM agar pelayanan dan distribusi dapat dilakukan lebih cepat dalam mengantisipasi jalur yang padat akibat banyaknya pengguna jalan yang mudik.

Ia mengatakan, Pertamina memprediksi penyaluran BBM selama Ramadhan dan Lebaran di Sumatera Bagian Utara akan mengalami akan mengalami peningkatan dengan tingkat yang bervariasi.

Untuk BBM jenis Premium diperkirakan naik 1 persen menjadi sebesar 7.266 kiloliter dari penyaluran normal sebanyak 7.212 kiloliter per hari.

Untuk jenis Pertalite akan meningkat lebih besar yakni 19 persen dari penyaluran normal yaknj 4.080 kiloliter per hari sehingga yang akan disalurkan sebanyak 4.852 kiloliter per hari.

Konsumsi produk Pertamax dan Pertamax Turbo juga diprediksi akan naik sebear 23 persen menjadi 931 kiloliter dari penyaluran normal sebesar 755 kiloliter per hari.

Penurunan konsumsi justru diperkirakan untuk produk BB jenis Biosolar akan mengalami penurunan sebesar 3 persen sehingga penyalurannya menjadi 6.254 kiloliter dari konsumsi normal 6.429 kiloliter per hari.

Menurut dia, untuk wilayah Sumatera Utara, Pertamina memperkirakan peningkatan konsumsi tersebut diperkirakan sebesar 46 persen untuk Premium, 15 persen untuk Pertalite, dan 24 persen untuk Pertamax.

Pertamina menyiagakan tim Satgas Ramadhan dan Idul Fitri untuk memantau seluruh proses distribusi agar tidak mengalami kendala di lapangan.

Baca juga : 

Pertamina Menyiapkan Kios Bbm Di Jalan Tol


Dalam waktu dekat, Pertamina akan berkoordinasi dengan instansi terkait, terutama pihak kepolisian untuk membantu kelancaran distribusi BBM, terutama menuju daerah yang pada lalu lintas. 

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017