Pematangsiantar, 12/6 (Antarasumut) - Sejumlah perbankan di Kota Pematangsiantar, Senin, membuka loket keliling penukaran uang di lapangan parkir pariwisata, Jalan Merdeka, untuk melayani kebutuhan masyarakat memperoleh uang pecahan menjelang Lebaran 1438 Hijriyah.
     Loket keliling Bank Indonesia, BNI, BRI, Mandiri dan Bank Sumut itu langsung direspon warga setempat yang membutuhkan uang pecahan Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000.
     Di lokasi sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga untuk keamanan dan kenyamanan, sehingga antrean warga berlangsung tertib dan proses penukaran berjalan lancar.
     Seorang ibu, Yuni (35), warga Kecamatan Siantar Barat mengatakan, penukaran uang pecahan sudah menjadi kebutuhan pendukung dalam merayakan Idul Fitri.
     "Apalagi uangnya baru, sehingga anak dan saudara lainnya yang menerima pemberian gembira," katanya.
     Kepala BI Perwakilan Pematangsiantar, Elly Tjan mengatakan, BI sebagai bank sentral dan 15 perbankan lainnya di Pematangsiantar melayani penukaran uang pecahan layak edar selama lima hari, 12-16 Juni 2017.
     Untuk memudahkan jangkauan masyarakat yang membutuhkan, BI dan sejumlah bank lainnya membuka layanan loket keliling di tempat terbuka atau lokasi umum, yakni lapangan parkir pariwisata.
     BI Pematangsiantar kata Elly Tjan, pada tahun 2017 mengalokasikan dana Rp903,8 miliar untuk penukaran uang pecahan wilayah Kota Pematangsiantar.
     Sedangkan total keseluruhan dana untuk delapan wilayah kerja BI Pematangsiantar, yakni Pematangsiantar, Simalungun, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Tanjung Balai, Asahan dan Batubara, mencapai Rp2,5 triliun.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017