Medan, 5/6  (Antarasumut) - Presiden Joko Widodo menjadwalkan  menghadiri Pesta Bolon Simbolon yang puncaknya akan digelar di Jakarta,  8 Juli 2017.

"Pesta Bolon Simbolon itu merupakan kegiatan  pesta adat syukur kepada Tuhan YME," ujar  Ketua Umum Punguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI) Dr Effendi MS Simbolon, di Jakarta, Minggu.

Effendi MS Simbolon, mengatakan itu saat memimpin acara Martonggo Raja, yang merupakan bagian dari acara Pesta Horja di Pesta Bolon Simbolon yang digelar di GOR  Sumantri Brojonegoro, Kuningan Jakarta Selatan.

Martonggo Raja yaitu acara membagi tugas kepada seluruh keluarga Besar Simbolon dan Tulang Limbong Mulana, Anggi Doli, Tamba Tua, Saragi Tua dan Munthe Tua serta Boru Sihabolonan Silalahi Raja untuk menyambut p
Pesta Bolon Simbolon yang puncaknya akan digelar pada 8 Juli 2017.

Dalam  kegiatan Martonggo Raja itu diselingi dengan acara simulasi .

"Simulasi dimaksudkan agar bisa langsung tau dan merasakan suasana di GOR Sumantri Brojonegoro, Kuningan Jakarta Selatan yang akan dijadikan  tempat diselenggarakannya Pesta Horja Juli mendatang" katanya.

Acara itu diharapkan bisa berlangsung lancar karena  Presiden Jokowi dan sejumlah menteri kabinet kerja direncanakan akan  hadir dan memeriahkan puncak acara PSBI tersebut.

Effendi MS Simbolon menyebutkan acara itu merupakan salah satu rangkaian pesta Bolon Simbolon yang digelar setiap 5 tahun sekali dan telah digelar sejak Januari lalu.

Selain sebagai bentuk kepedulian atas pelestarian adat istiadat Suku Batak, gelaran Pesta Bolon tahun 2017 menurut Effendi MS Simbolon sekaligus menyambut pelaksanaan Kongres III PSBI.

Pada Kongres ketiga itu, PSBI akan kembali memilih ketua umum  periode 2017-2022. 

Untuk memeriahkan Kongres III PSBI, Pesta Bolon telah menjadi tradisi organisasi, sekaligus pengungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Effendi menjelaskan, keluarga besar Simbolon yang hadir di Pesta Bolon 2017  nanti diperkirakan lebih dari 50.000 orang. 

Dia menegaskan, Pesta Bolon merupakan organisasi kekeluargaan sehingga tidak terkait dengan arus politik manapun. 

"Kami hanya tetap berkomitmen untuk membawa manfaat besar untuk bangga dan negara," ujarnya.

Dalam Pesta Bolon akan dilaksanakan berbagai perlombaan, mulai olahraga hingga lomba tari adat Batak.

Pertandingan olahraga yang akan qdigelar pada acara itu di antaranya sepakbola, voli, catur dan lari.

Ada lomba festival seni dan budaya, di antaranya lomba paduan suara, lomba vokal group Batak, lomba vokal solo anak, lomba cipta lagu Batak, opera Batak, lawak Batak, bazar, lomba photo, lomba mewarnai dan kegiatan sosial donor darah.



Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017