Aekkanopan, 31/5 (Antarasumut) - Ada tiga hal yang saat ini perlu mendapat perhatian dan kewaspadaan bersama. Ketiga hal tersebut adalah masalah perjudian, narkoba dan penggunaan media social yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

Hal itu dikatakan Wakapolres Labuhanbatu Kompol Tris Lesmana Zeviansyah SIK SH MHum di hadapan jamaah mesjid Nurul Huda Lingkungan V Kelurahan Aekkotabatu Kecamatan Na IX-X, Rabu malam.

“Berdasarkan evaluasi dua bulan ke belakangan dan informasi yang diperoleh, situasi keamanan di Labuhanbatu Utara cukup kondusif,” kata pria yang baru menjabat Wakapolres Labuhanbatu sekitar lima bulan tersebut.

Walau demikian, menurutnya  cukup banyak keresahan masyarakat terkait masalah perjudian, narkoba dan tindakan orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan media social untuk menyebarkan hal-hal yang dapat menimbulkan perpecahan.

Namun, jelas mantan Kasat Lantas Polres Labuhanbatu itu, pihak kepolisian akan bertindak tegas menyikapi keresahan masyarakat. 

Dicontohkannya, hampir setiap hari ada laporan yang masuk terkait kasus narkoba di berbagai wilayah di jajaran Polres Labuhanbatu.

“Ironisnya, kasus narkoba juga sudah merambah kepada kalangan pelajar,” katanya prihatin. Karena itulah ia mengajak masyarakat untuk turut serta berpartisipasi untuk mencegah semakin banyaknya pengguna narkoba antara lain dengan cara memberikan informasi.

Terkait media social, pria berkacamata itu menyebutkan, keberadan medsos membuat dunia menjadi tanpa batas (borderless). Sayangnya, media ini dijadikan kalangan tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan informasi yang dapat menimpulkan perpecahan di tengah masyarakat.

“Banyak oknum tidak bertanggungjawab memanfaatkan media social untuk hal tidak baik, terutama membesar-besarkan perbedaan,” sebutnya.

Untuk itu, melalui momentum Ramadhan ini, Wakapolres mengajak berbagai lapisan masyarakat dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. 

“Mohon bantu kami untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban. Karena jika seluruhnya dibebankan kepada kami, tentu kami memiliki keterbatasan.,” jelasnya.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017