Padangsidimpuan, 23/5 (Antarasumut)- Sebanyak 405 knalpot blong yang disita Sat Lantas Polres Padangsidimpuan selama pelaksanaan Operasi Patuh Toba dimusnahkan menggunakan alat berat di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan.

Pemusnahan barang bukti knaplot blong tersebut disaksikan Kapolres Padangsidimpuan AKBP Andy Nurwandy, Kasat Lantas AKP M. Hasan, Sekda Kota Padangsidimpuan, Zulfeddi Simamora, tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda pemerintah setempat.

Kapolres AKBP Andy Nurwandy mengatakan, Selasa, selama pelaksanaan Operasi Patuh, pihak Sat Lantas menindak 992 kendaraan terdiri dari 930 sepedamotor dan 62 angkutan umum. "Selama pelaksanaan Operasi Patuh, kita menyita 405 knalpot blong yang hari ini dimusnahkan, dan ini juga bagian untuk mencipakan suasana nyaman dan aman menejelang bulan ramadhan, mengingat suara knalpot tersebut sangat membisingkan," katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Operasi Patuh, pihaknya sengaja menyasar knalpot blong, guna menciptakan kenyamanan kondusifitas terlebih menjelang bulan suci Ramadhan. "Keberadaan knalpot blong ini cukup meresahkan masyarakat karena menimbulkan kebisingan. Karena itu kita sengaja menyasar kendaraan menggunakan knalpot blong, terlebih dalam waktu dekat akan memasuki bulan suci Ramadhan agar umat Islam bisa khusyuk beribadah," ujarnya.

Kapolres juga mengimbau, kepada personel Lantas agar meningkatkan disiplin guna terwujudnya pelayanan yang bersih dari KKN. "Lakukan patroli rutin dalam mewujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalulintas," ucapnya.

Terpisah, Sekda Kota Padangsidimpuan, Zulfeddi Simamora menegaskan, pemerintah kota mendukung penuh razia yang dilakukan pihak kepolisian. "Kita sangat mendukung, hal ini bertujuan menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan nyaman khususnya pada bulan Ramadhan di Padangsidimpuan," tuturnya.

Pihak kepolisian diharapkan terus melakukan razia secara rutin. "Dalam waktu dekat bulan suci Ramadhan akan tiba, karena itu melalui razia rutin yang dilakukan kepolisian kita harapkan tercipta keamanan dan kenyamanan ditengah masyarakat sehingga umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk, ucap sekda.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017