Tanjungbalai, 23/5 (Antarasumut) - Wali Kota Tanjungbalai Muhmad Syahrial mengajak umat Islam menjadikan Al Quran sebagai pedoman untuk memperteguh jiwa dalam keimanan dan taqwa kepada Allah SWT, agar mendapat kemulian di dunia dan akhirat.

Ungkapan tersebut dikemukaan Wali Kota Muhamad Syahrial ketika membuka secara resmi pelaksanaan MTQN ke-49 tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2017, Senin.

Menurut Syahrial, keberhasilan Musyabaqah Tilawatil Qur'an/MTQ tidak semata-mata diukur dari jumlah penyelenggaraan atau jumlah peserta dan berprestasi yang dihasilkan, akan tetapi harus dilihat dalam jangkauan yang lebih luas terutama dalam sisi pembentukan mental.

Karena itu, Pemkot Tanjungbalai berharap, keberadaan Qur'an tidak hanya sekedar untuk dibaca, dipertandingkan atau diekpresikan dengan lukisan atau ukiran indah, utamanya Qur'an adalah peneguh keimanan dan ketaqwaan.

"Menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Qur'an tersebut adalah sebaik-baiknya petunjuk bagi orang bertaqwa untun meraih kemuliaan dunia dan kehidupan di akhirat nanti," ujar Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial.

Ketua DPRD Tanjungbalai Bambang Harianto berharap kepda Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) untuk terus berbenah dan memberikan yang terbaik dalam pembinaan tilawatil Qur'an.

Harapannya agar Qori/Qoriah Kota Tanjungbalai dapat kembali diperhitungkan dalam pelaksanaan MTQ tingkat regional, nasiona mau pun internasional nantinya.

Usai membuka secara resmi MTQN tersebut, Wali Kota beserta Forkopimda mengunjungi stand pameran yang diikuti SKPD dan kecamatan serta institusi vertikal di darrah itu.

Berdasarkan catatan, beberapa cabang yang diperlombakan dalam MTQN tersebut yakni, Tilawatil Qur'an, Hifzil Qur'an,Tafsir Qur'an , Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khattil Qur'an, Musabaqah Makalah Al Qur'an (M2Q) serta Qira'ah Sab'ah.

Pelaksanaan MTQ bertujuan untuk memberikan motivasi kepada generasi muda guna untuk meningkatkan kemampuan seni membaca Al Qur'an, dan pemenangnya akan menjadi duta Kota Tanjungbalai mengikuti MTQN tingkat propinsi Sumatera Utara ke 36 yang akan dilaksanakan di kabupaten Dairi.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017