Medan, 26/4 (Antara) - PT Pertamina Marekting Operation Region I melakukan uji coba "self service" atau pengisian BBM sendiri di stasiun pengisian bahan bakar umum.

Manager Communication and Relation Pertamina Marekting Operation Region I Fitri Erika di Medan, Rabu, mengatakan, kebijakan self service dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih bagi konsumen.

Untuk sementara, layanan self service dalam pengisian BBM tersebut masih diperuntukkan bagi pengguna sepeda motor.

Dengan pola tersebut, konsumen tidak perlu menanti terlalu dalam mengisi BBM untuk kendaraannya, terutama mengatre dan menunggu petugas SPBU.

"Jadi, masyarakat dapat mengisi BBM sendiri untuk sepeda motornya," katanya.

Untuk uji coba, layanan self service tersebut masih dilakukan di tiga SPBU yang dikelola Pertamina yakni yang berada di Jalan Yos Sudarso, di Jalan Merak Jingga, dan SPBU di depan eks Bandara Polonia.

Dari uji coba yang sudah dilakuka sejak awal April 2017, konsumen terlihat cukup antusias dalam mencoba layanan self service tersebut.

"Namun kita masih menyediakan petugas SPBU di layanan self service tersebut untuk membantu konsumen yang kesulitan mencoba layanan ini," kata Firi Erika.

Di SPBU tersebut, Pertamina terlihat menyediakan brosur yang berisi petunjuk tentang cara menggunakan layanan self service tersebut.

Sebagai langkah awal, konsumen diminta melakukan pembayaran di standing console dan menerima bukti transaksi (struk).

Kemudian, konsumen diminta menempatkan kendaraan sesuai dengan arahan operator SPBU pada saat melakukan pembayaran sambil mematikan mesin kendaraan.

Setelah itu, konsumen diarahkan untuk mengangkat nozzle, lalu menarik tuas nozzle secara perlahan, dan melakukan pengisian BBM dengan hati-hati.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017