Aekkanopan, 25/4 (Antarasumut) - Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs Dwi Prantara MM mengajak berbagai lapisan masyarakat agar dapat membumikan Generasi Berencana (Genre). 

Hal itu dikatakannya pada Sosialiasi Pembentukan Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa di Aekkanopan, Selasa.

"Kita harus membumikan genre di Labura. Ini merupakan program nasional sehingga harus didukung berbagai instansi yang ada," kata wabup dalam acara yang dihadiri puluhan aktivis Pusat Informasi Konseling (PIK) genre dari seluruh kecamatan di kabupaten itu.

Dijelaskannya, tanpa perencanaan maka masa depan bangsa ini terancam. Padahal pada Masa Orde Baru, Indonesia sempat menjadi contoh keberhasilan KB bagi sejumlah negara. Namun setelah reformasi masalah KB seperti tidak penting dan ditinggalkan.

Untuk itulah, keberadaan PIK R/M ini sangat strategis bagi kelangsungan bangsa. Karena dengan adanya perencanaan keluarga yang baik, diharapkan akan menghasilkan generasi unggul, sehat dan mampu bersaing.

Tantangan remaja dan generasi muda sekarang ini sangat berat seperti masalah seks bebas, narkoba, dianggap tidak cinta tanah air dan lainnya. "Karena itu para kader genre harus bisa memberikan pemahaman dan informasi," harapnya.

Sementara Ketua Panitia Erni Maninda Napitupulu SKM dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan itu antara lain meningkatkan pengetahuan/keterampilan pengelola PIK R/M, meningkatkan kualitas PIK R/M dan meningkatkan jumlah remaja/mahasiswa untuk memperoleh pelayanan informasi/konseling melalui PIK R/M

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017