Samosir, 21/4 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Samosir merayakan Hari Kartini ke 138 tahun 2017 di pelataran Hotel Dainang Pangururan, Jumat.
     Perayaan dihadiri Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, Pabung 0210 Tapanuli Utara, Wakapolres, Plt Sekda, pimpinan SKPD, Camat, ASN, THL, Wakil Ketua dan anggota TP PKK kabupaten dan kecamatan.
     Hari Kartini tahun 2017 bertema "Semangat Kartini Menciptakan Wanita Yang Kreatif, Inovatif Menjadi Pelopor di Lingkungan dan di Tengah Masyarakat Dalam Gerakan Pembangunan di Kabupaten Samosir".
     Wakil Bupati mengatakan, Kartini adalah seorang perempuan Indonesia yang memiliki cita-cita yang luhur bagi perjuangan kaum perempuan.
     Kartini telah memperjuangkan harkat dan martabat serta kedudukan perempuan Indonesia yang patut menjadi contoh dan motivasi bagi perempuan, khususnya di Kabupaten Samosir.
     "Saya berharap kiranya perempuan di Kabupaten Samosir dapat berperan aktif dalam mendukung pencapaian program pembangunan daerah agar visi dan misi Pemkab Samosir kedepan dapat terwujud dengan baik," kata Wakil Bupati.
     Juang juga berharap sesuai dengan tema perayaan dapat menggugah warga Samosir, khususnya kaum perempuan untuk lebih serius mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan bermartabat.
     Diakhir sambutannya Wabup Samosir mengajak kartini-kartini masa kini untuk dapat menjalankan tugas sebagai pendamping suami, sebagai ibu dari anak-anak dan sebagai wanita karier di bidang profesinya masing-masing.
     Kaum perempuan juga diminta menjalin persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakan agama, suku, ras, karena perbedaan itu justru akan memberi warna dalam kehidupan masing-masing.
     Panitia mengadakan berbagai kegiatan antara lain, melaksanakan bakti sosial kepada lansia miskin dan disabilitas di Kecamatan Harian, Sianjur Mulamula dan Palipi.
     Selain itu senam kesegaran jasmani bersama, donor darah bekerja sama dengan PMI Samosir dan lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga PKK antar desa.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017