Medan, 20/4 (Antarasumut) - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menegaskan kini masyarakat tidak lagi bersusah payah untuk antre diloket-loket hingga berdesakan membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

“Cukup lewat ATM atau Anjungan Tunai Mandiri,” sebut Gubsu Erry di kantor Gubsu di Medan, Rabu.

Ia mengatakan itu usai menerima kunjungan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumut Sarmadan Hasibuan, Dirlantas Poldasu Kombes Pol Raden Heru Prakoso dan tim teknis lainnya diantaranya Victor Lumbanraja dan Sekretaris Bank Sumut Erwin Zaini.

Dalam kesempatan itu, Gubsu menyambut gembira lahirnya inovasi baru pelayanan mendasar masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. 

"Ini satu parameter lagi bahwa Sumut semakin paten," tandas Erry.

Gubsu mengemukakan sistem yang segera diluncurkan ini dapat digunakan pada seluruh jaringan ATM Bank Sumut maupun seluruh teller jaringan kantor bank milik masyarakat Sumut.

Sebelumnya, Sarmadan melaporkan tes operasional layanan e-Samsat ATM dan teller Bank Sumut yang juga populer dengan sebutan ’e-Samsat Paten & Samsat Masuk Kampung’ telah dilaksanakan dan berjalan  lancar sehingga inovasi pelayanan publik prima ini sudah bisa diluncurkan (launching) kepada masyarakat luas 24 nanti.

Sarmadan mengemukakan pengembangan e-Samsat Paten berupa penyediaan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, serta registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pengesahan STNK tahunan di Provinsi Sumatera Utara melalui seluruh Unit Kerja dan Jaringan Elektronik PT Bank Sumut.

“Samsat Paten ini merupakan singkatan dari Samsat ‘Pelayanan Admintrasi Terpadu Elektronik," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017