Kisaran, 19/4 (antarasumut)-Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP membuka secara resmi festival seni nasyid Kabupaten Asahan tahun 2017 di Kecamatan Sei Kepayang Timur, Desa Sei Pasir, Selasa.

Bupati dalam sambutnya dihdapan ribuan masyarakat menjelasakan festival nasyid memiliki nilai-nilai keagaman sehingga dapat mengingatkan kembali generasi muda tentang pentingnya agama sehingga generasi muda terhindar dari tindak kejahatan.

Selain itu nasyid juga meningkatkan pembinaan budaya kesenian bernuansa Islam yang juga sesuai dengan salah satu visi misi Pemkab Asahan yang religius, sehingga Festival Nasyid harus terus digalakkan.
 
"Kita berharap hasil festival nasyid bukan tujuan akhir, tetapi akan menjadi evaluasi bagi pemerintah untuk mengembangkan seni budaya islam terutama di Asahan ini," ujar Taufan, sembari mengatakan pemenang festival tidak mutlak menjadi perwakilan event ke tingkat Provinsi.

Selain itu Bupati menegaskan secara keras kepada dewan juri festival nasyid Asahan untuk bersikap objektif. Bila tidak dewan juri akan digantikan dan tidak dilibatkan lagi pada festival berikutnya.

Dewan juri telah dibaiat dan tanggungjawab diserahakn penuh untuk memberikan penilian yang objektif, artinya dewan juri tidak akan diintervensi dalam menjalankan tugas saat memberikan penilian sehingga diharapkan dapat melahirkan grup nasyid yang berkualitas.

“ Janganlah peserta yang tidak pandai pemukul rabanan bisa menang. Dan saya minta jangan itu-itu saja pemenangnya, “ kata Taufan.

Turut hadir dalam pembukaan festival Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc, Ketua PKK Asahan, Hj Winda Fitrika, Forkopinda dan sejumlah tokoh masyarakat.

Pewarta: indra

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017