Seraya tak kenal kata lelah, Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM dengan semangat baru Sumatera Utara, terus bergerak memberikan pelayanan kepada masyarakat ke berbagai pelosok daerah.
    
 Dalam bekerja, orang nomor satu di Kabupaten Simalungun ini lebih memilih berada di lapangan. Jika dipersentasekan mencapai angka 90. Langkah ini tentu agar masyarakat bisa dekat dengan dirinya.
    
Beragam kinerja nyata diperlihatkan JR Saragih. Kemanusiaan, sosial, budaya, lingkungan, kesehatan, pendidikan, keagamaan berbaur dalam semangat baru Sumatera Utara yang menjadi kekuatan bekerja. 
     
Bahkan, kantor bupati di Pamatang Raya diperuntukkan sebagai tempat yang tepat untuk menerima masyarakat dari berbagai lapisan yang datang menyampaikan aspirasi dan harapan.
     
Tak itu saja, pria kelahiran 10 November 1968 ini pun tak segan memberikan kesemapatan kepada masyarakat di Kabupaten Simalungun  mempergunakan fasilitas yang dimilikinya, seperti kendaraan pribadi maupun fasilitas miliknya.
     
Kendaraan pribadi berupa Helikopter dipergunakan untuk membawa warga yang membutuhkan perawatan intensif ke Rumah Sakit Efarina Berastagi, Karo yang juga milik JR Saragih.
     
"Anda bisa bayangkan betapa rendah hatinya Bapak JR Saragih merelakan fasilitas miliknya untuk masyarakat agar bisa mendapatkan kesehatan," ujar seorang ulama, Syekh Muda H Ahmad Syakban Arrahmani Rajaguguk.
     
Syekh Muda H Ahmad Syakban Arrahmani Rajaguguk juga memberi contoh ketika JR Saragih segera bergerak cepat dan mengevakuasi warga Kampung Belek, Sampuran, Kecamatan Jorlang Hantaran yang keracunan makanan.
 
      
Bencana alam berupa longsor yang memutus akses jalan kabupaten di Nagori Sait Buttu Saribu, Kecamatan Pamatang Sidamanik, langsung ditangani dengan target selesai dalam waktu 10 hari, supaya aktivitas warga tidak terganggu terlama lama.
     
Bahkan, Bupati Simalungun turut mengoperasikan alat berat guna membersihkan material longsor dan membuka akses jalan yang masih bisa dipergunakan.

     
Dari situ bisa terlihat, begitu pekanya pemilik nama asli Jopinus Ramli Saragih dengan penderitaan yang dirasakan masyarakat di Kabupaten Simalungun.
     
"Bapak JR Saragih bukan sebatas dekat saja, melainkan menyatu dengan masyarakat, karena beliau (JR Saragih) bisa merasakan kondisi masyarakat di Kabupaten Simalungun. Keperdulian dirinya sangat besar buat masyarakat," kata Syekh Muda H Ahmad Syakban Arrahmani Rajaguguk.
    
Ibunda Antonius Otlivio Purba, Susi Martina Sihaloho menjadi saksi betapa tulusnya hati seorang JR Saragih dalam membantu masyarakat dari sisi kesehatan. 
     
Antonius menderita penyakit hidrocephalus (pembengkakan cairan di kepala) yang membuat kondisi anak usia empat tahun itu melemah dan kurang beraktivitas.
    
 "Puji Tuhan, kami diberikan bantuan dan kemudahan oleh Bapak JR Saragih. Apa yang dilakukannya penuh dengan kemuliaan Tuhan dan ini yang kami rasakan," kata Susi setelah melihat perubahan pada anaknya.
     
Maka tak heran, dalam setiap kunjungan JR Saragih ke desa-desa, warga selalu berbondong-bondong mendatangi untuk salaman dan foto dengan JR Saragih. 

     
Bupati Simalungun, JR Saragih menegaskan komitmen pemerintahan Kabupaten Simalungun untuk terus membuka akses untuk menerima seluruh masyarakat dalam semangat memberikan pelayanan.
     
"Inilah fungsi sesungguhnya dari pemerintahan. Bukan hanya memikirkan infrastruktur saja, melainkan banyak yang nilainya lebih penting, seperti kesehatan," kata JR Saragih.
     
Secara pribadi, JR menegaskan, kehadiran dirinya di Kabupaten Simalungun untuk melayani masyarakat, bukan ingin dilayani, sehingga bermanfaat untuk semua.
     
 "Saya datang ke Simalungun ingin menjadi terang dan garam," ujar JR yang berniat maju dalam Pilgub Sumatera Utara tahun 2018 guna meluaskan pelayanan kepada masyarakat. 

Lihat Galery Foto Semangat Baru JR Melayani Masyarakat Simalungun

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017