Simalungun 12/4 (Antara) - Para pengguna jalan meminta Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, segera memperbaiki akses menuju kawsan wisata Danau Toba di Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean.

"Ruas jalan banyak berlobang, dan paling parah di Desa Sinaman Labah, ada yang kedalaman lobangnya kira-kira 20 cm," sebut Aminsyah Sinaga (35), warga Kota Pematangsiantar, Rabu.

Pedagang keliling yang sering ke Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, melalui jalur penyeberangan Tigaras-Simanindo itu mengaku menempuh waktu dua jam saat melintas jalur darat Simpang Raya-Tigaras.

Baca : Jadwal Keberangkatan Ferry Tigaras-Simanindo

Amin memilih jalur ini, karena kerusakan jalan akses ke Tigaras melalui kawasan Kecamatan Sidamanik lebih buruk, hampir di merata jarak tempuh puluhan kilometer.

Dia optimis, mulusnya ruas jalan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian warga setempat yang kebanyakan sebagai petani, karena kawasan daerah itu memiliki objek wisata yang menarik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Simalungun, Sarimuda Purba mengatakan, Pemerintah Kabupaten telah menetapkan perbaikan dan pelebaran jalan jalur Simpang Raya-Tigaras.

"Kita lebarkan dua meter kiri kanan jalan, masih dalam proses pembicaraan dengan warga yang lahannya terkena pelebaran," kata Sarimuda.

Dia menegaskan, upaya perbaikan dan pelebaran ruas jalan menuju kawasan Danau Toba sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten terhadap program Pemerintah Pusat dalam pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017