Aekkanopan, 11/4 (Antarasumut) - Puluhan guru honor daerah (honda) dari delapan kecamatan se-Labuhanbatu Utara minta bantuan Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, Selasa. 

Mereka meminta bantu agar honor mereka dapat diberikan sebab sejak Januari lalu mereka belum menerima honor mengajar.

Perwakilan para guru Fahrinaldi Siregar pada kesempatan itu mengutarakan kesulitan yang dialami para guru honda. "Kami tetap melaksanakan tugas mengajar di sekolah seperti biasa. Tapi sejak Januari lalu hingga sekarang kami belum menerima honor," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Labura H Kharuddin Syah SE menyatakan, dirinya prihatin dengan kondisi yang dialami para guru. "Sebagai bupati, saya akan berusaha mencarikan solusi terbaik atas masalah yang menimpa masyarakat saya," katanya.

Diakuinya, masalah guru honda yang mengakar di SMA dan SMK merupakan polemik besar di Sumut dan belum mendapat solusi terbaik. Namun Labura sendiri sudah mengalokasikan dana bagi guru honda tersebut pada APBD 2017.

"Pemkab Labura sudah mengalokasikan dana. Tapi karena blm ada payung hukum yang jelas, maka dana tersebut belum bisa dikucurkan. Ini persoalan darurat, emergency karena empat bulan kerja belum gajian," katanya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Labura Drs H Faizal Irwan Dalimunthe MSi tak kuasa menahan harunya saat memberi tanggapan. Dengan suara tersendat-sendat, Faizal menyebutkan Pemkab Labura sudah memprediksi hal itu.

"Kita sudah memprediksi hal ini. Karena itu kita sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1.080.000.000 untuk guru Honda SMA dan SMK. Tapi karena regulasi yang belum jelas, maka dana itu belum bisa dikeluarkan," sebutnya.

Salah satu solusi yang akan dilakukan Pemkab Labura adalah dengan menyiapkan bantuan keuangan ke provinsi. "Walau sebenarnya anggaran kita masih kecil, tapi kita tetap memperhatikan nasib guru honda yang mengajar di SMA dan SMK yang sudah di bawah wewenang provinsi," katanya.

Pertemuan itu dihadiri serta disaksikan Sekdakab Drs H Ahmad Fuad Lubis MSi, Kadis Pendidikan H Suryaman SIP MPd, Kadis Kominfo Drs Sugeng dan Kabag Umum Perlengkapan Mhd Ikhsan SSTP MAP.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017