Medan, 8/4 (Antarasumut) - Polda Sumatera Utara mengharapkan masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan isu dan informasi hoax yang dapat membingungkan dan menyesatkan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting di Medan, Sabtu, mengatakan, pihaknya menyayangkan isu dan informasi hoax tersebut semakin marak, terutama di kalangan media sosial.

Untuk itu, masyarakat diminta untuk tidak mudah terpengaruh, sekaligus bersikap bijaksana atas peredaran informasi hoax tersebut.

Jika menemukan informasi hoax tersebut, masyarakat diminta untuk mencari konfirmasi dan mengecek kebenarannya terlebih dulu, dan tidak serta merta ikut menyebarkannya.

"Kadang-kadang jempol kita terlalu mudah mempublikasikannya," katanya.

Harapan serupa juga disampaikan kepada kalangan media massa agar tidak menampilkan pemberitaan yang bersumber dari informasi hoax karena dapat semakin membingungkan masyarakat.

Untuk semakin memberikan informasi yang berkualitas, Mabes Polri telah membentuk biro baru yakni Biro Multimedia yang dipimpin seorang perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal.

Biro itu dibagi menjadi tiga bagian yakni Bagian Monitoring dan Analisa, Bagian Produksi Kreatif, dan Bagian Diseminiasi Informasi Digital yang setiap bagian dipimpin seorang perwira berpangkat komisaris besar.

Di tingkat, polda kebijakan itu juga akan dilakukan di bawah Bidang Humas dengan membentuk Sub Bidang Multimedia. 

Pewarta: Irwan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017