Medan, 30/3 (Antara) - Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi meminta Pemerintah Kota Padangsidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal segera mengusulkan anggaran perbaikan infrastruktur yang rusak pascabanjir bandang di tiga daerah itu.

"Ada tiga hal yang akan dilakukan pemerintah saat terjadi bencana, mulai dari penyelamatan, tanggap darurat dan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan-bangunan yang terkena bencana seperti jembatan yang rusak dihantam banjir bandang," katanya di Medan, Kamis.

Usulan, kata dia, disampaikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat maupun daerah/provinsi (BPBD).

Pemerintah dipastikan melakukan tindakan rehabilitasi dan rekonstruksi setelah sebelumnya mendapat pengajuan atau usulan dan memastikannya di lokasi.

"Rehabilitasi dan rekonstruksi diharapkan bisa secepatnya dilakukan agar kehidupan masyarakat di daerah itu kembali normal," katanya.

Adapun menyangkut penanganan pengungsi yang  menjadi korban banjir Minggu malam lalu, tentunya juga harus mendapat perhatian penuh pemerintah.

Perhatian mulai menyangkut kebutuhan pangan dan sandang serta kesehatan.

Gubernur juga menegaskan, perlu evaluasi atas musibah itu karena bencana alam juga tidak terlepas dari dampak perbuatan manusia.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017