Berastagi, (antarasumut) – Maknai Hari Air Se-Dunia 2017, PT. Tirta Sibayakindo bersama insan Jurnalis, UPT Tahura Bukit Barisan, pelajar SLTA sederajat, SoI dan Ranger Sibayak gelar penanaman pohon, Senin 27/03 di Tahura Bukit Barisan, Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo. Aksi ini ditujukan guna menjaga ketersediaan air secara berkelanjutan dan sekaligus mengajak semua pihak untuk terlibat sedini mungkin menjaga dan memelihara hutan.

Selain menanaman pohon, peserta juga mengikuti aksi bersih Tahura Bukit Barisan dan diskusi jurnalis dengan beberapa narasumber, diantaranya pihak PT.Tirta Sibayakindo Bapak Wirnos, Ketua PWI Wilayah Sumut Bapak Hermansyah, Kadis Lingkungan Hidup Pemkab Karo, Ir Timotius Ginting, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Ir Mulia Barus, Ka.UPT Tahura Bukit Barisan, Ramlan Barus. 

Selain dalam rangka penyelamatan panjang kawasan tangkapan air sebagaimana yang ada di Tahura, penanaman pohon juga dijadikan momentum kebangkitan kesadaran membangun Tahura Bukit Barisan secara lebih luas lagi. 

"Pelestarian lingkungan di sumber air di hulu adalah komitmen kami, seperti yang saat ini kita lakukan di Tahura Bukit Barisan melalui penanaman pohon dan aksi bersih lingkungan,” ujar pimpinan PT. Tirta Sibayakindo, Mohammad Efendy yang didampingi oleh Esron Siringoringo selaku Manager CSR PT. Tirta Sibayakindo.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Kabupaten Karo, Ir. Timotius Ginting mengatakan, “Upaya kita bersama untuk menanam pohon dan membersihkan lingkungan Tahura Bukit Barisan ini tentu akan membuat Berastagi menjadi lebih asri. 

Saya sangat menghargai inisiatif PT. Tirta Sibayakindo ini. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan diikuti oleh pihak-pihak lain.”

Selain itu hal senada juga disampaikan oleh Kepala UPT. Tahura Bapak Ramlan Barus bahwasannya untuk menjaga agar kondisi lingkungan khususnya Taman Hutan Raya Bukit Barisan terus terjaga diharapkan semua pihak saling bahu membahu untuk melestarikannya.

Pada kesempatan kali ini kegiatan penanaman pohon dilakukan di lokasi Taman Pendidikan Konservasi PT. Tirta Sibayakindo yang berada di Taman Hutan Raya Bukit Barisan. 

Taman Pendidikan Konservasi ini sudah dimulai sejak tahun 2015 dengan luasan kurang lebih 8 Ha dan baru tertanam 4 Ha. Pohon yang ditanam pada peringatan hari air tahun 2017 ini berjumlah 500 batang dimana bibit keseluruhannya bersumber dari tanaman lokal yang ada disekitar tersebut.

Pewarta: antarasumut

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017