Medan,  (antarasumut) - Wali Kota Medan,Dzulmi Eldin secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-50 Tingkat Kota Medan tahun 2017 yang dipusatkan di di Jalan Tritura Medan,Sabtu malam. 

"Melalui MTQ ini, kami mengajak semua untuk menjadikan AlQur`an sebagai sumber ilmu pengetahuan guna membangun Medan Kota religius," katanya saat membuka MTQ tingkat Kota Medan yang ditandai dengan pemukulan gong.

Meski sempat diguyur hujan deras namun prosesi pembukaan MTQN tetap berjalan meriah yang dihadiri belasan ribu warga. Selain pemukulan gong, pembukaan jugadi tandai dengan penyerahan piala bergilir yang dilakukan Wali Kota kepadapanitia MTQ untuk diperebutkan kembali.

Lebih lanjut Eldin mengatakan MTQ itu digelar rutin setiap tahunnya untuk meningkatkan pemahaman,penghayatan sekaligus pengamalan isi dan kandungan yang tersirat maupun yang tersurat dalam Al-qur`an.

Untuk itu melalui MTQ itu, ia mengajak semua untuk menjadikan Al Qur`an sebagai sumber ilmu pengetahuan guna membangun Medan Kota religius.

"Saya yakin lantunan ayat-ayat suci Al- Qur`an, yang menggema selama pelaksanaan MTQ mampu menciptakan nuansa religius danmenghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat," katanya.

Menurut Eldin,kegiatan MTQ dapat menjadi forum silaturrahim yang mengandung nilai-nilai positif, dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama warga kota. 

Itu sebabnya, kata dia, , penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk selalu mempelajari dan memahami Alqur`an sebagai hidayah dan petunjuk serta pedoman hidup umat manusia. 

"Selain berisinilai-nilai keimanan, Al-Qur`an juga merupakan sumber ilmu pengetahuan, sejarah, falsafah hidup, kemuliaan, keteladanan serta pesan moral yang luhur dan agung, guna membangun peradaban manusia yang modern," ujarnya.

Untuk itu melalui pelaksanaan MTQ ini, Eldin berharap semakin meningkatkan nuansa Islami ditengah-tengah masyarakat. 

Mari kita semarakkan kota yang kita cintai ini dengan lantunan ayat-ayat suci Al-qur`an, terutama di lingkungan keluarga, musholah,surau dan masjid-masjid, guna mewujudkan Medan menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius, dengan peradaban Islami,ajaknya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017