Tapanuli Selatan,11/3(Antarasumut)-Delegasi Kepala Desa yang bergabung di Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tapanuli Selatan studi banding untuk menimba ilmu ke Provinsi Sumatera Barat.

Menuju Nagari Pariaman Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar , Sumatera Barat sebagai tujuan studi banding rombongan diberangkatkan Sekda Parulian Nasution mewakili Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dari Sekretaritan APDESI di Sidimpuan, Minggu (11/3).

Wejangan Bupati yang disampaikan Sekda Parulian kepada seluruh delegasi berpesan kepada seluruh delegasi perwakilan kepala desa untuk bisa menjaga nama baik daerah di daerah tujuan.

Yang lebih penting sekembalinya dari desa tujuan, para delegasi kepala desa bisa bawa 'oleh-oleh' berupa ilmu untuk bisa ditularkan  kepada seluruh kepala desa untuk kemajuan desa di Tapanuli Selatan.

"Kegiatan ini cukup urgen sejalan program nasional menjadikan desa mandiri serta mewujudkan visi misi menjadikan masyarakat Tapsel sehat, maju, cerdas dan sejahtera,"katanya.

Ketua APDESI Tapanuli Selatan Insan M Hasibuan selaku ketua rombongan kepada Antarasumut menyampaikan, berjanji akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai arahan Bupati yang disampaikan Sekda Parulian.

Kegiatan yang akan diikuti dalam studi banding katanya terkait pengelolaan adminisrasi desa mulai penyusunan RPJMDes, RKPDes, APBDes dan Keputusan serta Peraturan Desa ditambah SPJ Dana Desa dan potensi desa.

Mengambil Desa Nagari Pariayangan, di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sebagai daerah tujuan mengingat desa tersebut sukses dan terbaik dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa.

Ada sebelas perwakilan dari 212 jumlah kepala desa tergabung dalam APDESI plus sejumlah BPD dan pendamping Kabid pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, Dinas Pemdes, Inganan Dalimunthe yang turut berangkat.

Mereka diantaranya Insan M.Hasibuan Kades  Sorimanaon, Irwan Desember Ritonga (Silangkitang Tambiski), Hasan Basri Hutasuhut (Muara Purba Nauli), Maddin Sagala (Kilang Papan).

Kemudian Henri Harahap (Pargarutan Dolok), Marihot Anton Sihombing (Padang Lancat Sisoma), Nitolo Waruwu (Simarlelan), Abdul Jalil Hasibuan (Tanjung Leuk).

Selanjutnya, Dolly Parsaulian Harahap (Palsabolas), Iswandi Siregar (Pasir Matogu), Hatorangon Siregar (BPD Kilang Papan), dan Samuel Simatupang (Janji Mauli).

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017