Pematangsiantar, Sumut, 1/3 (Antara) - KONI Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, membeikan skala prioritas pembinaan empat cabang olahraga di daerah disesuaikan dengan kemampuan anggaran bantuan pemerintah setempat.


"Kita prioritaskan di cabang renang, catur, voli, dan wushu," ujar Ketua KONI Kota Pematangsiantar Jayadi Sagala di Siantar, Rabu.


Untuk upaya itu, KONI akan mengadakan turnamen atau kejuaraan secara rutin dan mengajak pemerintah mau pun instansi melakukan kegiatan serupa, supaya bakat-bakat olahragawan di Pematangsiantar terus terasah.


Di era 1990-an ke bawah, Kota Pematangsiantar menjadi daerah penyumbang atlet-atlet andal dari sejumlah cabang olahraga yang memperkuat tim atau kontingen tingkat regional dan nasional.


Tahun 2000-an, rata-rata Kota Pematangsiantar mengirimkan tiga sampai empat pemain untuk mengikuti turnamen atau kejuaraan daerah dan memperkuat kontingen Sumatera Utara.


Khusus cabang catur, kata Jayadi, KONI Pematangsiantar sedang mengupayakan agar daerah itu menjadi tuan rumah kejuaraan daerah (Kejurda) Sumatera Utara untuk memberikan kesempatan kepada pecatur dalam membuktikan kemampuannya.


Menurut Jayadi, peminat cabang catur di Kota Pematangsiantar terus bertumbuh dan berkembang karena didukung teknologi, tidak lagi kedai-kedai, juga di warung-warung internet, sehingga harus diakomodir.


Jayadi berharap dengan telah dilantiknya kepala daerah defenitif, dengan sosok Wakil Wali Kota Hefriansyah yang masih muda diharapkan pembinaan olahraga kedepan semakin terarah dan lebih berprestasi. ***4***


(T.KR-WRS/B/I023/I023) 01-03-2017 13:32:31

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017