Medan,24/2 (Antarasumut) - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, sangat berharap pengurus KONI Sumut yang baru dilantik dan dikukuhkan mampu  mengangkat prestasi olahraga di daerah ini.

"’Perbanyak kejuaraan daerah maupun turnamen di berbagai cabang olahraga,’’ sebut Erry pada pelantikan dan pengukuhan pengurus KONI Sumut masa bakti 2017-2021 di Hotel Emerald Garden Medan, Jumat.

Ia juga menyebutkan pengurus KONI hendaknya dapat mendorong tumbuhnya penyelenggaraan even-even olahraga seperti kejurda-kejurda maupun turnamen-turnamen yang diadakan masing-masing cabang Pengprov.

"Menurut laporan, KONI Sumut menaungi 54 cabang olahraga. Katakanlah setengah saja yang aktif dan memiliki cabang di lebih dari setengah jumlah kabupaten yang ada di Sumut, tentu sangat wajar diadakan kejuaran daerah," katanya.

Dengan kejurda tersebut, lanjutnya,  dapat dilihat bakat-bakat baru untuk memunculkan atlet-atlet baru yang bisa menjadi cikal bakal atlet-atlet Sumut di kejurnas.

Disamping itu, Gubsu Erry berpesan agar pengurus KONI yang baru dilantik dapat memperjuangkan Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON XXI pada tahun 2024 mendatang.

“Sudah terlalu lama Sumut tidak menjadi tuan rumah di even nasional khususnya di bidang olahraga, yakni tahun 1953.  Pengurus yang baru dilantik sudah berpengalaman, tentunya dapat memperjuangkan agar Sumut menjadi tuan rumah PON. Apalagi Ketua Umum KONI Pusat juga mendukung," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017