Simalungun, 26/1 (Antarasumut) - Kegiatan sosial perusahaan perusahaan bubur kertas PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) di kabupaten Simalungun membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar perusahaan. 

Dana Miliaran Rupiah digelontorkan tpl melalui dana Coorporate Soscial Responsibility (CSR) dengan berbagai program untuk membantu masyarakat.
 
Desa Dolok Saribu kecamatan Pondok Buluh kabupaten Simalungun, salah satu desa terapan dari dana CSR perusahaan, yang berhasil melakukan peningkatan ekonomi masyarakat. 

Beragam pembangunan desa termasuk infrastruktur jalan memberi akses perubahan peningkatan perekonomian warga lokal.
 
 "Saya akui kehadiran tpl sangat bermanfaat bagi warga desa kami. mulai dari pembuatan jalan akses desa, bedah rumah, pipanisasi air bersih sangat membangun desa kami" ujar Kasper Manik salah seorang warga desa. 

"Saya yang dulunya memiliki rumah beralaskan tanah kini sudah memiliki rumah layak huni dan air bersih, semua berkat TPL," tambah Kasper.
 
Desa Dolok Saribu berjarak ± 1 km dari areal kerja dan konsesi HTI (Hutan Tanaman Industri) TPL sektor Aek Nauli. 

Tercatat ada belasan kepala keluarga dari puluhan masyarakat  yang hidup dan menetap didesa ini. Rata-rata pendapatan perekonomian warga adalah bertani jagung, dan kopi. 

Namun sebagian lagi memiliki usaha kecil yang selama ini adalah mitra kerja TPL.
 
"Selain bantuan dari tpl yang rutin diberikan kepada masyarakat, kami juga ada yang bekerja diperusahaan bubur kayu ini. Kami benar merasa keberadaan perusahaan sungguh bermanfaat bagi kehidupan masyarakat desa kami," tutur Sardi Sinaga salah seorang warga desa Dolok Saribu.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017