Tebing Tinggi,18/1(antarasumut)- Consul Amerika Serikat untuk Sumatera Juha Salin dalam perjalanan menuju Danau Toba Perapat, berkesempatan berkunjung ke Kota Tebing Tinggi Rabu.

Ia diterima Sekdako Johan Samose Harahap didampingi para asisten dirumah dinas Walikota Jl.Dr.Sutomo.

Dalam kunjungan tersebut Sekdako Johan Samose Harahap bersama dengan Kepala Bappeda Gul Bahkri Siregar memberikan informasi tentang Kota Tebing Tinggi dan potensi Tebing Tinggi ditahun-tahun mendatang.

Dijelaskan Sekdako, Kota Tebing Tinggi oleh Pemerintah Pusat ditetapkan sebagai salah satu Kota di Indonesia sebagai kota penyangga pertubuhan ekonomi untuk wilayah Sumatera Utara.

Yang menjadi pertimbangan Pemerintah Pusat adanya proyek nasional Pelabuhan bertaraf internasional Kuala Tanjung serta Kawasan Ekonomi Khusus Sei-Mangkei yang didukung pula segera beroprasinya jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.ujarnya.

Ia mengatakan kondisi ini berdampak positif buat pertumbuhan Kota Tebing Tinggi, terutama dibidang ekonomi, dan keadaan ini sekaligus pula menjadi sebuah tantangan, karena kami yakin jika hanya berharap dari Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk menyahutinya, pasti kami tidak punya kemampuan maksimal.

Kami disini memerlukan hotel-hotel yang berbintang dan reprenstatif selain sebagai tempat menginap juga tersdianya auditorium untuk pertemuan atau rapat-rapat yang bersekala nasional dan internasional.

Untuk itu kami memerlukan investor melakukan investasi di Kota Tebing Tinggi, membangun sarana dan prasarana yang bertaraf internasional,nantinya setelah pelabuhan internasional Kuala Tanjung beroperasi ada ratusan kapal setiap bulannya yang masuk kesana.

Tebing Tinggi membutuhkan fasilitas hotel-hotel dan pasar-pasar dan tempat hiburan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan untuk itu tentunya memerlukan biaya yang sangat besar dan memerlukan investor untuk berinvestasi.

Johan Samose Harahap menyatakan saat ini Pemerintah Kota Tebing Tinggi sedang berupaya menyampaikan kepada Pemerintah Pusat untuk membebaskan lahan Perkebunan tampa pembayaran ganti rugi, karena pembangunan yang dilakukan bagian yang sudah masuk dalam RPJMN.

Consul Juha Salin sendiri mempertanyakan kapan akan segera dioprasikannya jalan Tol Medan-Kualanamu- Tebing Tinggi dan kelanjutannya Tebing Tinggi - Perapat dan Tebing Tinggi- Kisaran.

Johan menyatakan Tol Medan-Kualanamu- Tebing Tinggi akan segera oprasi pada tahun 2017 ini, dan pembangunannya akan dilanjutkan Tol Tebing Tinggi-Perapat dan Tebing Tinggi- Kisaran. 
                                   
Juha Salin juga menawarkan program pendampingan bagi Generasi Muda dan Mahasiswa serta untuk pertukaran pelajar antara Indonesia dan Amerika.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017