Asahan, Sumut, 10/1, (Antarasumut) - Diawal bulan Febriari 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan akan memberlakukan  hari bebas kenderaan bermotor (Car Free Day).
 
Pernyataan ini disampaikan Plt Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Selasa  bahwa masyarakat Asahan kedepan bisa menikmati lokasi car free day, Hal ini dilakukan untuk menyahuti aspirasi masyarakat.
 
“ Bupati telah mengintruksikan kegiatan car free day ini,” ucap Hidayat saat berbincang dengan di gedung Kominfo setempat.

Lokasi car free day dipilih di jalan lintas, mulai dari kantor Bupati Asahan hingga simpang pabrik benang Kelurahan Sidomukti. Ruas jalan tersebut akan ditutup saat dilakukan car free day.

“ Car free day dibuka mulai subuh dan direncanakan selesai hingga siang atau sore hari,” cetus Hidayat.
 
Dalam kegiatan bebas kenderaan ini, disiapkan sejumlah fasilitas. Diantaranya kuliner, fasilitas olaharaga dan wahana lainya serta lokasi akan bebas dari sampah dan asap rokok.
 
Hidayat juga menjelaskan lokasi tersebut sangat ideal, sebab banyak jalan yang dijadikan altrnatif. Diantaranya kenderaan dari arah Medan menuju Rantau Prapat dapat diahlikan melalui jalan pabrik benah menuju terminal Madya Kisaran, begitu juga sebaliknya dari Rantau Prapat menuju Medan.
 
Sedangkan bagi masyarakat Kelurahan Sidomukti yang hendak menuju Kota Kisaran dapat melalui jalur daerah Pondok Kucingan menuju Simpang Sibogat. “ Artinya lokasi ini sudah pas untuk digunakan program bebas kenderaan,” ungkap Hidayat.

Pewarta: indra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017