Medan, 13/12 (Antarasumut) - Sebanyak 76 tim bersaing dalam Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Kota Medan 2016 memperebutkan Piala Wali Kota Medan, Sumatera Utara.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Rabu, saat membuka Liga Pendidikan Indonesia tersebut di Stadion Teladan Medan, mengatakan pihaknya mengapresiasi Dispora Medan yang terus
konsisten menggelar LPI sebagai ajang pembinaan sepak bola pelajar.

Dia berharap melalui LPI, akan lahir pesepakbola andal yang ke depan bisa memperkuat PSMS Medan bahkan Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan motivasi pada para peserta dengan mengatakan menjadi pesepakbola yang utama adalah semangat juang.

Dia mencontohkaan Timnas Vietnam yang dengan hanya 10 pemain bisa mencetak dua gol saat menghadapi Timnas Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF.

"Semangat itu harus kalian tanamkan sejak sekarang. Kalian harus menjadi pemain sepakbola hebat tanpa mengesampingkan pendidikan. Saya dulu juga seperti kalian, latihan sepakbola jam 3 sore tapi sekolah tidak pernah tinggal," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan menjadi pemain sepak bola adalah kebanggaan karena dalam sepakbola ada nilai-nilai yang tidak didapat dalam bangku sekolah.

Nilai-nilai itu adalah sportivitas, semangat juang, kekompakan, kerjasama, dan pantang menyerah.

Jadi sepak bola juga bagian dari pendidikan karakter, dan hanya mereka yang punya jiwa sportif saja bisa sukses menjadi pemain bola.

"Makanya kepada para pelatih dan pembina, didik anak-anak dengan baik. Ajari mereka untuk hormati setiap keputusan wasit, walau itu sangat menyakitkan. Ajari mereka nilai-nilai sportivitas dan kejujuran," katanya.

Ketua Panitia, Azam Nasution mengatakan LPI Kota Medan 2016 merupakan agenda rutin Pemkot Medan yang dilaksanakan Dispora Medan.

Sebanyak 76 tim yang bertanding dalam LPI kali ini terdiri atas 40 tim tingkat SMP sederajat dan 36 tim tingkat SMA Sederajat.

"Tujuan dari LPI ini adalah untuk mengembangkan potensi atlet pelajar di bidang sepak bola. Menanamkan nilai-nilai disiplin dan sportivitas, mendorong sekolah-sekolah untuk membentuk tim sepakbola, dan menjaring pemain yang akan dipersiapkan mewakili Kota Medan pada ajang tingkat provinsi maupun nasional," katanya.

Lebih lanjut Ketua Bapopsi Medan itu menjelaskan LPI yang digelar berkat kerja sama Askot PSSI Medan itu berlangsung 13-24 Desember 2016.

"Pertandingan berlangsung di tiga lapangan, yakni Stadion Teladan, Stadion Kebun Bunga, dan Stadion USU," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Tengku Amri


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016