Medan, 27/12 (AntaraSumut) - Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan atau UKW yang menjadi salah satu program kerja Persatuan Wartawan Indonesia Sumut.

"Peran dan fungsi pers sesuai amanat UU Nomor 40 Tahun 1999 sangat strategis. Pemprov Sumut mendukung kinerja PWI termasuk dalam meningkatkan kompetensi wartawan yang diharapkan bisa semakin berperan besar bagi kemajuan Sumut," katanya di Medan, Selasa.

Dia mengatakan itu saat membuka Konferensi Kerja (Konkerja) Pertama PWI Sumut yang dirangkai dengan beberapa kegiatan yakni UKW dan seminar Undang-Undang Nomor 11/2008 tentang ITE.

Menurut gubernur, sebagai wujud dukungan kepada program PWI yang terus berupaya meningkatkan peran dan fungsi pers, Pemprov Sumut juga melakukan beberapa kebijakan.

Pada 2017 misalnya, kata dia, jabatan Humas di Pemprov Sumut yang selama ini Eselon IV akan ditingkatkan menjadi Eselon II.

Tujuan peningkatan eselon itu dilakukan untuk memperlancar tugas koordinasi dalam upaya melakukan sinergi dengan semua pihak.

"Pemprov Sumut siap mendukung dan bekerja sama dengan PWI untuk meningkakan sumber daya manusia (SDM) wartawan agar bisa mengawal proses pembangunan di Sumut," katanya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Sasongko Tejo menyebutkan, pelaksanaan UKW yang digelar PWI secara terus menerus atau sudah yang ke-9 sangat diapresiasi.

UKW, kata dia, diharapkan dapat terus memacu peningkatan profesionalisme wartawan di Sumut.

"Dengan lulus UKW, tugas wartawan akan makin dihormati di tengah-tengah masyarakat. Dengan pelaksanaan UKW, oknum yang suka mengaku-aku sebagai wartawan mulai menyingkir," katanya.

Dia menyebutkan, sejak UKW dilaksanakan PWI Pusat pada 2011, total anggota PWI yang sudah dinyatakan lulus UKW sebanyak 6.600 orang dari sekitar 12.000 anggota PWI seluruh Indonesia.

"PWI Pusat mendukung program UKW dan termasuk keseluruhan kerja PWI Sumut yang tercatat sebagai salah satu yang terbaik," kata Sasongko. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Tengku Amri


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016