Panyabungan, 21/12 (Antarasumut) – Bupati Mandailing Natal, Drs.Dahlan Hasan Nasution hadiri panen kentang generasi ke-II di Desa Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Selasa.

Panen kentang generasi ke-II yang dilaksanakan oleh  Gapoktan Bahagia desa Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi ini selain dihadiri oleh Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution juga turut hadiri Kepala Dinas Pertanian, Taufik Zulhendra Ritonga dan  para SKPD yang ada dilingkungan Pemkab Madina.

Ketua Gapoktan Bahagia  desa Hutanamale, Darmin Pulungan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, rasa terimakasih atas kehadiran Bupati dalam kegiatan panen tersebut, untuk mitu kedepannya dia mengharapkan kepada Pemerintah Daerah untuk memberikan perhatian berupa bantuan terhadap peningkatan usaha pertanian yang digalakkan oleh masyarakat khususnya yang bernaung dibawah Gapoktan.

Sementara itu, Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution mengatakan, sebagai bentuk dukungan dari pemerintah pada program ini pada tahun  2017 yang akan datang sudah  memprogramkan peningkatan bidang pertanian termasuk didalammnya pembangunan  green house.

“ Untuk kegiatan ini  dananya sudah ditampung dalam anggaran Dinas Pertanian" ujar Bupati.

Ia mengatakan, mengingat jalan merupakan urat nadi perekonomian bagi masyarakat Pemerintah Daerah  juga akan mengupayakan pembangunan dan pelebaran jalan menuju desa HUtanamale dan jalan menuju sentra-sentra pertanian yang ada dikecamatan itu.

“Saya meminta kepada Camat agar segera membuatkan proposal peningkatan dan pelebaran jalan,” sebutnya.

Disebutkannya, selain budidaya tanaman Holtikultura, warga masyarakat juga diharapkan untuk menggiatkan budidaya tanaman kopi disela-sela tanaman karet.  Hal ini dimaksudkan selain pemanfaatan lahan juga merupakan sebagai  alternative  didalam   peningkatan pendapatan perekonomi masyarakat ditengah anjloknya harga komoditas karet yang terjadi  saat ini.

Pada kesempatan tersebut  Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution bersama Kadis Pertanian Madina, Taufik Zulhendra Ritonga juga memberikan bantuan alat-alat  pertanian berupa 4 Misblower (pompa air) kepada Gapoktan Bahagia. 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016