Binjai, 24/11 (antara sumut) - Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan membuka pelatihan jurnalistik berbasis sekolah, yang diikuti 54 orang siswa dan guru pembimbing dari sembilan sekolah SMA negeri dan swasta.

"Pengetahuan jurnalistik mengalami perkembangan pesat dan kompetitif. Informasi dari berbagai media, apabila tidak dicerna dengan baik, bisa menjadi kesesatan," kata Wakil Walikota  Binjai itu di Binjai, Kamis. 

Pelatihan jurnalistik bagi siswa sangat positip. Tidak hanya belajar menulis, tetapi membangun cara berpikir kritis dan jernih.
         
“Menjadi jurnalis  sekolah, siswa akan memiliki kemampuan menulis,  rasa ingin tahu yang tinggi, paham penggunaan  sumber informasi, terampil berbahasa, dan disiplin,” katanya.

Ia juga mengingatkan para guru untuk rajin menulis. Guru yang menulis adalah guru yang gemar membaca. Dengan membaca guru akan selalu bertambah wawasan ilmu dan pengetahuannya. Guru yang menulis adalah guru yang inspiratif karena akan memotivasi anak didiknya untuk meningkatkan dan mengembangkan minat menulis dan membacanya.

”Goresan pena lebih tajam dari tombak, kalau tombak hanya melukai kulit, pena menusuk sampai ke hati,” ujarnya. 

Untuk itu Timbas berharap kegiatan jurnalistik disekolah akan menjauhkan siswa dari dampak negatif kemajuan tehnologi.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Binjai Hendrik Tambunan menjelaskan pelatihan jurnalistik berbasis sekolah guna mempelajari dan melatih siswa tentang jurnalistik, sehingga mampu memanfaatkan media sekolah atau media cetak lainnya yang ada di Sumatera Utara atau nasional.

Pelatihan jurnalistik berbasis sekolah diikuti 54 orang siswa dan guru pembimbing dari sembilan SMA  negeri dan swasta, dilaksanakan Kamis dan Jumat (24-25/11), dengan materi motivasi menulis dan ilmu jurnalistik dasar. 
 
Ini juga nantinya dimaksudkan akan mengaktifkan majalah dinding di sekolah, dimana pada kesempatan itu juga diberikan bantuan berupa kamera dan alat majalah dinding kepada sekolah.

Bantuan majalah dinding  untuk sekolah, agar benar–benar dimanfaatkan menjadi wadah bagi kreativitas guru dan murid dalam hal tulis-menulis juga mengembangkan minat baca bagi warga sekolah yang bersangkutan.

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016